Apa penyebab sering sesak nafas dan apa obatnya?

Q: Dear Dokter, Saya sering mengalami sesak nafas, apa penyebabnya dan obatnya apa?

A: Perlu memastikan dahulu penyebabnya karena bisa akibat kelainan paru (lebih sering) atau akibat gagal jantung.  Disarankan melakukan test EKG dan Rofoto (Rontgen foto) Paru untuk memastikan paru dan jantung tidak ada gangguan. Karena 2 organ ini yang sering berkaitan dengan sesak. Obatnya sangat berbeda, karena itu harus konsultasi dengan dokter dahulu. 

208 Komentar untuk “Apa penyebab sering sesak nafas dan apa obatnya?”

  1. rysan wonda

    dok, bagaimana ini saya sering sesak nafas. nafas saya bunyi dan sepertinya hidung saya mampet. dan saya dulu juga pernah terkena flek, apa mungkin kambuh lagi? trima kasih

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin pemicu sesak berasal dari saluran nafas, antara lain akibat asthma bronkial dan radang paru, termasuk TBC. Kemungkinan kambuhnya TBC selalu ada.
      Saran kami sebaiknya segera temui dan konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi, kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
    • Haris

      Dok saya mau tanya kenapa saat tertidur tiba-tiba nafas saya berhenti dan nyesak apakah saya terjena kanker paru-paru?

      Reply
      • admin

        Selamat Siang,

        Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
        Dari data yang disampaikan, perlu cermati ada sleep apnea sehingga perlu dicari pemicu /penyebabnya, antara lain gangguan di di saluran pernafasan atau jantung.
        Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter internist untuk evaluasi.
        Coba baca juga artikel Dokita: http://dokita.co/blog/sleep-apnea/

        Salam Sehat Selalu,

        Tim Dokita.
        Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

        Reply
  2. Salsabila

    Saya sering sesak napas jika kecapekan. terus hidung saya mampet. sesak napasnya sering terjadi pada malam hari ketika udaranya dingin.
    Itu gejala dari apa dok ?
    trims

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sesak sangat bervariasi, bisa bersumber dari paru, jantung, hidung dan sebagainya. Dari data yang disampaikan, pemicunya mungkin alergi di hidung (rhinitis alergica). Saran kami sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis THT untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan Rofoto (Rontgen foto) paru, sinus dan rekam EKG.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  3. Akbar

    Dok ,,,Mama Saya Kalau Gelap Dia Lansung Sesak Nafas Dok …
    Ap Saranx Dok …?
    Termakasih …

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Maaf, kami kurang mengerti pertanyaan Anda. Gelap ini maksudnya apa? Apakah bisa lebih diperjelas gejala dan keluhan yang dialami? Terima kasih.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  4. Normi

    Dear dokter , dokter saya kalau malem sering flu pilek . Ngak brenti brenti dok , pake obat flu biasa ngak manjur , tapi setelah mainum obat salbutamol saya bisa tidur , terus hidung juga suka sakit … Kenapa yah dok ? Trimakasih (´⌣`ʃƪ)♥

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin akibat alergi (rhinitis alergika) sehingga harus dicari pemicu / penyebabnya dan kemudian setelah tahu, perlu hindari pemicunya. Kalau perlu temui dan konsultasi dengan dokter di klinik alergi untuk evaluasi.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  5. charlie

    dear dokter .
    dok,, saya mengalami sesak napas yguntuk pertama kalinya,, saya tidur,, dan ketika tidur saya terasa sakit di dada, dan saya bangun.
    napas saya sesak,, dan klo bergerak sedikit,, bagian dada saya terasa sakit,, kemudian saya ke klinik dan katanya itu akibat magh,, saya udah minum obat magh dan mulai sembuh magh nya,, tp sesak napasnya masih terasa sampai sekarang tetapi tidak separah wktu pas kena nya. itu gmn dok?

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Kalau yakin tidak ada kelainan di paru dan jantung dan sumber penyebab adalah gangguan lambung, maka sesak bisa akibat perut kembung, banyak gas yang mendesak ke atas sehingga memicu rasa sesak. Saran kami: kalau perlu sebaiknya temui dan konsultasi ulang dengan dokternya untuk evaluasi lebih lanjut.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  6. Ravita Sari

    dok, saya akhir-akhir ini sering sesak napas sejak saya jatuh dari tangga, dan pada saat jatuh dri tangga terkena dada saya. ini kenapa dan apa berbahaya dok? thx :)

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Kalau yakin sesaknya mulai terjadi sejak trauma dada, maka harus diwaspadai ada sesuatu di organ dalam dada. kami sarankan segera lakukan Rofoto (Rontgen foto) dada dan periksa ke dokter untuk dievaluasi.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
      • Alvi

        dok, kejadian ravita hampir sama dengan adik saya. sewaktu bayi kira2 umur 5 bulan adik saya pernah jatuh tengkurap dari tempat tinggi, sampai2 suara tangisannya lama keluarnya. setelah umur 3 tahun gejala seperti sesak nafas mulai muncul sampai sekarang. apakah itu pengaruh dari jatuhnya tadi dok? tetapi ketika periksa ke dokter dan di Rofoto tidak ada tanda2 penyakit asma. sudah periksa dimanapun hasilnya tidak ada penyakit. bagaimana ini dok? terima kasih

        Reply
        • admin

          Selamat Siang,

          Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
          Setiap ada trauma pada kepala tentu sebaiknya dilakukan bukan hanya foto rontgen kepala tapi juga CT scan kepala / MRI kepala untuk melihat ada tidaknya perdarahan didalam otak Anda. Karena itu sebaiknya Anda segera konsultasi ke dokter spesialis saraf, dan setelah itu ikuti sarannya saja.

          Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
          Terima kasih

          Salam Sehat Selalu,

          Tim Dokita.
          Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

          Reply
  7. delly

    Dear dokter,akhir” ini nafas saya suka sesak sebelum” nya tidak pernah.tapi sesak nya kadang” klo lagi sesak sampai keringat dingin.itu knpa yah dok? tolong yahh dok info nya.thanks

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Sesak bisa bermacam-macam penyebabnya, bisa dari paru-paru, jantung atau dari lambung.
      Sayang Anda tidak menyebutkan usia Anda. Bila usia Anda dibawah 40 tahun, jarang karena jantung. Walaupun begitu, bukan berarti tidak mungkin sesaknya karena jantung, hanya kemungkinannya kecil. Kalau jantung, biasanya disertai rasa tercekik, rasa tertekan di dada sebelah kiri.
      Kalau dari paru-paru, biasanya disertai batuk. Sedangkan sakit maag bisa diderita semua umur dan biasanya selain sesak, disertai mual, kembung dan rasa seperti berdebar-debar, perih di ulu hati.
      Untuk memastikan, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter terdekat untuk dievaluasi.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  8. Raja Ingan Purba

    saya sering merasakan nafas yang tidak plong kalau tarik nafas dalam? itu biasanya kenapa ya Dok?
    Dan saya sdh sering melakukan EKG ke Dokter katanya detak jantung saya normal dan paru2 saya normal,

    makanya sekarang saya binggung Dok apa sakit saya ?
    Dan kalau sakit maag itu biasanya ada nampak ga pada sesak nafas Dok?

    smua diatas mohon solusinya Dok ? bantu saya … Terima kasih

    Reply
    • admin

      Selamat malam,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Rasa tidak nyaman sewaktu nafas dapat bersumber dari paru, jantung, lambung bahkan faktor psikis karena stres. Dari data yang disampaikan, karena paru dan jantung normal, maka harus dicermati apakah pemicunya adalah kembung di lambung (dyspepsia) yang gas nya mendesak keatas sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman tersebut. Saran kami sebaiknya periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu USG perut.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
        • admin

          Selamat Siang,

          Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
          Kalau sudah di check up dan yakin kondisi jantung dan paru normal, maka sesak mungkin akibat kondisi fisik yang kurang prima, selain juga faktor psikis. Saran kami coba ubah pola hidup menjadi pola hidup sehat (makan makanan bergizi dan seimbang, cukup istirahat dan olahraga teratur) demi meningkatkan stamina.

          Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
          Terima kasih

          Salam Sehat Selalu,

          Tim Dokita.
          Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

          Reply
  9. ipay

    klo tidur malam nafas saya sering terasa sesak,,,apa penyebabnya ya? smenjak sya kena asam lambung. trims

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Perlu dicari penyebabnya, misal apakah ada kelainan di paru (seperti: asthma), atau gangguan fungsi jantung atau memang dipicu oleh gangguan sistem pencernaan, termasuk reflux asam lambung (GERD). Coba baca artikel Dokita berikut untuk GERD: http://dokita.co/blog/gerd-gastro-esophageal-reflux-disease/
      Karena itu kami sarankan segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru, tes EKG dan USG.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita

      Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Mungkin sistem pernafasan Anda sensitif terhadap suhu udara yang agak dingin. Kalau yakin pemicunya adalah arus angin, maka hindari terkena kipas angin agar tak kambuh lagi.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  10. Arie Deska

    Dok saya mau tanya, saat saya ambil nafas seperti ada nafas yg tertinggal di rongga dada dan rasanya sangat tidak nyaman, trus klo ambil nafas dalam jg gak bisa plong..itu knp ya dok? Mohon bantuannya

    Reply
    • admin

      Selamat Pagi,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, perlu dicermati apakah ada kelainan di sistem dan saluran pernafasan. Faktor psikis memang kadang ikut berperan.
      Kami sarankan segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
      • uli uyie

        saya juga dok, 3 tahun yang lalu saya juga ngerasa gini. rasanya waktu bernafas, dada kayak di tekan kuat banget. kadang ampe ngerasa nyeri.waktu periksa ke dokter, katanya kena bronchitis. dan sekarang itu keulang lagi. kira2 kenapa? dan saya harus gimana?

        Reply
        • admin

          Selamat Sore,

          Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
          Sesak disertai nyeri dada, maka perlu waspadai kemungkinan ada gangguan fungsi jantung. Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter spesialis jantung untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan EKG dan test treadmill.

          Salam Sehat Selalu,

          Tim Dokita.
          Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

          Reply
  11. fia

    Dok, saya sering mengalami sesak napas,, sangat terasa sekali saat saya tidak beraktifitas berat seperti tidur, di kendaraan dan duduk santai. saya sudah EKG tapi tidak ada masalah di jantung saya. Sebenarnya apa penyebabnya dok? dan apa ada saran untuk mengatasi sesak napas saya tersebut? makasih.

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Sesak nafas dapat bersumber dari saluran nafas dan paru (asthma) atau dari jantung. Kalau sudah EKG dan dinyatakan normal, maka mungkin akibat asthma. Kami sarankan segera periksa ke dokter spesialis paru untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru.
      Coba baca artikel berikut: http://dokita.co/blog/apakah-asma

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  12. Lina

    Selamat malam dok,sudah 3 tahun saya mengalami sesak nafas.
    Saya juga sudah ke dokter enternis di RS Siloam kebon jeruk dan juga pergi ke dokter spesialis THT dan sudah melakukan Rontgen paru-paru,semua hasil rontgen bagus dari jantung dan paru-paru.
    Ke dua dokter mengatakan kalau saya tidak ada asma,salah satu dokter spesialis THT setiap sesak nafas saya sudah tidak bisa di bantu dengan obat dan saya berobat ke dokter tersebut,dokter memberikan saya suntikan di dada dan di punggung saya sekitar 48 suntikan.
    Dokter membuka resep untuk saya juga.
    Saya benar heran dan lelah setiap hari harus minum obat sesak nafas serta ventolin –> oksigen spray tersebut ( 1 bulan saya minum obat sesak nafas sekitar 120 kapsul )
    Sesak nafas saya terjadi bisa 4 atau 5 kali dalam sehari.
    Saya ingin sembuh dan terlepas semua dari obat sesak nafas,suntikan,dan ventolin yang selama 3 tahun ini saya gunakan terus.
    Saya sampai putus asa dengan hidup saya yang ketergantungan dari obat,suntikan dan ventolin.
    Apakah ada cara pengobatan traditional untuk sesak nafas saya,karena saya benar lelah dengan semua ini.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, bahwa Anda sudah berobat ke dokter spesialis penyakit dalam/internis dan spesialis THT, ada yang ingin kami pastikan, apakah Anda sudah pernah berobat ke dokter spesialis paru? Karena kalau dikatakan tidak ada asma tetapi pengobatannya ada ventolin, berarti sebenarnya Anda sesak di saluran nafasnnya dan itu seperti asma. Jadi berobatnya lebih tepat ke dokter spesialis paru. Nanti Anda mungkin akan disarankan periksa spirometri untuk menentukan jenis sesaknya.
      Untuk meminimalkan efek samping obat, coba Anda gunakan obat yang dihirup atau inhalasi saja.
      Menurut kami, pengobatan tradisional belum ada yang jelas terbukti berhasil mengatasi sesak.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  13. Lina

    Selamat malam dok,sudah 3 tahun saya mengalami sesak nafas.
    Saya juga sudah ke dokter enternis di RS Siloam kebon jeruk dan juga pergi ke dokter spesialis THT dan sudah melakukan Rontgen paru-paru,semua hasil rontgen bagus dari jantung dan paru-paru.
    Ke dua dokter mengatakan kalau saya tidak ada asma,salah satu dokter spesialis THT setiap sesak nafas saya sudah tidak bisa di bantu dengan obat dan saya berobat ke dokter tersebut,dokter memberikan saya suntikan di dada dan di punggung saya sekitar 48 suntikan.
    Dokter membuka resep untuk saya juga.
    Saya benar heran dan lelah setiap hari harus minum obat sesak nafas serta ventolin –> oksigen spray tersebut ( 1 bulan saya minum obat sesak nafas sekitar 120 kapsul )
    Sesak nafas saya terjadi bisa 4 atau 5 kali dalam sehari.
    Saya ingin sembuh dan terlepas semua dari obat sesak nafas,suntikan,dan ventolin yang selama 3 tahun ini saya gunakan terus.
    Saya sampai putus asa dengan hidup saya yang ketergantungan dari obat,suntikan dan ventolin.
    Apakah ada cara pengobatan traditional untuk sesak nafas saya,karena saya benar lelah dengan semua ini.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, bahwa Anda sudah berobat ke dokter spesialis penyakit dalam/internis dan spesialis THT, ada yang ingin kami pastikan, apakah Anda sudah pernah berobat ke dokter spesialis paru? Karena kalau dikatakan tidak ada asma tetapi pengobatannya ada ventolin, berarti sebenarnya Anda sesak di saluran nafasnnya dan itu seperti asma. Jadi berobatnya lebih tepat ke dokter spesialis paru. Nanti Anda mungkin akan disarankan periksa spirometri untuk menentukan jenis sesaknya.
      Untuk meminimalkan efek samping obat, coba Anda gunakan obat yang dihirup atau inhalasi saja.
      Menurut kami, pengobatan tradisional belum ada yang jelas terbukti berhasil mengatasi sesak.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  14. Putry

    Selamat malam doktr. Maff dok beberpa hari ini saya sering merasakan sesak nafas. Setiap brnpas sya dlam sekali. Terkdang wakty buang air bsar terlihat ad busa darah ny. Trus susah jga untuk kentut dan buang air bsar. Tolong berikan saran apa yg hrus saya lakukan dokter.. trima kasih banyak seblum nya dokter.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Sesak nafas dapat bersumber dari paru (asthma), jantung maupun faktor psikis. BAB berdarah mungkin akibat ambeien/wasir, namun perlu dicermati juga ada luka, infeksi, polip dan tumor di dubur.
      Untuk kepastian penyebab, kami sarankan segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru dan rekam EKG serta teropong dubur (rektoskopi).

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  15. Ricky

    Selamat malam dok..
    Saya mau tanya, saya sering sesak napas saat berbaring mau tidur malam dan napas saya jg terasa pendek, tapi itu juga datang kadang2 saja ngk setiap wktu..
    Kira2 apa y dok masalhnya?
    Dan sebelumnya saya pernah mnjalani pengobat TBC slama 6 bulan, tapi sebelumnya saya ngk pernah sesak napas seperti ini, malah setelah selesai pengobatan malah membuat saya sering sesak napas.
    jadinya saya berolahraga juga jd terbatas krna napas terasa pendek.
    Apakah karna efek obat TB?
    Saya selesai pengobatanya sekitar 3 bulan yg lalu.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Sesak nafas dapat bersumber dari paru (asthma) atau jantung (gagal jaantung). Dari data yang disampaikan, sangat mungkin ada gangguan di sistem pernafasan. Apakah ada kaitan dengan penyakit TBC paru dulu, masih perlu dipastikan dengan Rofoto (Rontgen foto) paru dan kalau perlu tes spirometri, disamping itu kami sarankan tes EKG untuk melengkapi data dan segera periksa ke dokter untuk evaluasi.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  16. Ricky

    Saya mau tanya, saya sering sesak napas saat berbaring mau tidur malam dan napas saya jg terasa pendek, tapi itu juga datang kadang2 saja ngk setiap wktu..
    Kira2 apa y dok masalhnya?
    Dan sebelumnya saya pernah mnjalani pengobat TBC slama 6 bulan, tapi sebelumnya saya ngk pernah sesak napas seperti ini, malah setelah selesai pengobatan malah membuat saya sering sesak napas.
    jadinya saya berolahraga juga jd terbatas krna napas terasa pendek.
    Apakah karna efek obat TB?
    Saya selesai pengobatanya sekitar 3 bulan yg lalu.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Sesak nafas dapat bersumber dari paru (asthma) atau jantung (gagal jaantung). Dari data yang disampaikan, sangat mungkin ada gangguan di sistem pernafasan. Apakah ada kaitan dengan penyakit TBC paru dulu, masih perlu dipastikan dengan Rofoto (Rontgen foto) paru dan kalau perlu tes spirometri, disamping itu kami sarankan tes EKG untuk melengkapi data dan segera periksa ke dokter untuk evaluasi.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  17. Resti adelina

    dok saya mau nanya kenapa ya dada saya sering sesak kadang suka nyeri disebelah kiri+nyesek dok dan kadang ketika saya tidur dan tiba-tiba saya terbangun itu pasti selalu sesak dok itu kenapa ya padahal saya sudah ke cek paru-paru , ronsen jantung semua nya bagus dok , saya heran dok kenapa saya bisa seperti ini ya

    terimakasih

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Jika dari pemeriksaan paru dan jantung tidak ada kelainan, maka kemungkinan sakit sesaknya bisa berasal dari otot dada yang timbul mungkin akibat udara dingin dari kipas atau AC selama Anda tidur.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  18. nabilla

    ayah saya sering mengalami batuk pada malam hari, sekitar jam 1-3 pagi ..
    dan dada sebelah kiri merasakan nyeri saat batuk .
    itu termasuk penyakit apa ya dok ?
    terimakasih

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Batuk di malam hari bisa karena alergi, TBC paru, radang paru yang lain dan sebagainya. Untuk itu kita harus membedakan penyebabnya dulu sehingga diperlukan pemeriksaan foto rontgen paru-paru. Kami sarankan segera periksa ke dokter untuk evaluasi.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  19. adam L

    Dok, sya mau tanya saya mengalami sesak nafas dan jika tarik nafas terasa tidak penuh, dan rasa sesak di daerah diafragma dan juga sakit di daerah dada kanan atas, dekat ketiak kanan apabila menarik nafas terlalu dalam, tidak terlalu sering sih, dan jika di urut di bagian punggung maka nafas terasa lebih terbuka. Mohon saran dan tanggapan nya. Terima Kasih.

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Sesak nafas yang berulang dapat bersumber dari paru (asthma) atau jantung. Untuk memastikan, sebaiknya lakukan Rofoto (Rontgen foto) paru dan tes spirometri dan rekam EKG untuk singkirkan gangguan fungsi jantung serta perksa ke dokter untuk evaluasi.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  20. S. Ginting

    Dokita, Saya sering jam 2.00 pagi sampai jam 5.00 pagi
    leher keringatan , dan sesak nafas;kira kira penyakit apa itu dokter ?

    Reply
    • admin

      Selamat Pagi,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, harus dicermati apakah ada gangguan di paru antara lain TBC. Adapun penyebab lainnya ialah hipertiroid. Coba baca artikel Dokita ini untuk menambah informasi: http://dokita.co/blog/hipertiroid
      Saran kami sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi langsung dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru dan cek laboratorium.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Kunjungi juga Dokita Store di http://dokita.co/store/

      Reply
  21. Lisa

    Dok, sya mau tny. Tman saya g pernh sesak nafs akhr2 ini sesk nafs kalo pindh dri tempt pans k dign dan sbalikny. Kadang swaktu mau tdur jga. Katany dada kanan dan kiri serg skit, jantung sering berdebar dan tgan berkeringat. Kira2 knap y Dok?
    Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Apakah ada batuk-batuk? Bila ada, biasanya karena asmatis, yang didasari oleh faktor alergi. Kalau tidak ada batuk, bisa saja faktor lain seperti jantung, gangguan di lambung atau bisa juga karena faktor psikis seperti kecemasan.
      Untuk kepastian, kami sarankan segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru, rekam EKG dan pemeriksaan penunjang lain.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  22. Agus

    Dokter, mau tanya, kalau sesak nafas yg timbul karena beberapa jam sebelumnya tidak sengaja menghirup suatu gas, misalnya bocoran suatu gas melalui AC mobil, kira-kira bagaimana cara cepat sembuhnya?
    Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Selamat Pagi,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dengan daya pertahanan tubuh, seharusnya dampak hisap gas tersebut sudah teratasi. Kalau sesak berlanjut, maka perlu dievaluasi penyebabnya. Kami sarankan segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu rujuk ke dokter spesialis paru.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  23. vivi 28 taun

    Vivi 28 tahun.
    Dok saya mau tanya.Saya sering sekali sesak nafas.nafasnya pendek.kadang dada saya seperti ditekan tekan.detaknjanyung berdebar kencang di leher bagian bawah.kadang sesaknya sampai pusing dan kl lg kambuh gt saya tdr nggak paki bantal dok.kalau ada pikiran ato kcapean sesaknya kambuh..saya jg sering kaget n tegang..gampang skt n sprti masuk angin n mual.Saya sdh ronthent paru2 hasilnya nggak papa.saya jg punya maag,gas lambung tinggi.tlng saya dok.saya ingin sehat.kalo buat bernafas ajha susah bgmn saya bisa senang jalani hdp..dulu sy pernah depresi dan ktakutan.tp skrg hidup sy sdh bahagia.tp knp skt2 masih ajha dok

    Reply
    • admin

      Selamat Pagi,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, karena hasil Rofoto (Rontgen foto) paru dikatakan normal, maka pemicu sesak dan tak nyaman di dada mungkin akibat faktor psikis atau mungkin juga akibat GERD. Coba baca artikel tentang GERD di: http://dokita.co/blog/gerd-gastro-esophageal-reflux-disease/
      Namun perlu juga dicermati apakah ada gangguan fungsi jantung. Karena itu kami sarankan segera periksa ke dokter untuk evaluasi ulang dan kalau perlu lakukan tes EKG.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  24. Muhammad Fauzan

    dok, beberapa hari ini saya sering sesak nafas..
    apa ada kaitannya karna kecapean atau bergadang..

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Kalau ada kecapean atau kurang tidur, biasanya asam lambung bisa meningkat dan hal ini bisa menimbulkan rasa sesak. Namun perlu dicermati juga apakah ada gangguan fungsi jantung, atau paru (asthma). Kalau sering kambuh dan mengganggu, kami sarankan segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan EKG dan Rontgen foto paru.
      Coba baca juga artikel Dokita tentang GERD di: http://dokita.co/blog/gerd-gastro-esophageal-reflux-disease/

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  25. juy

    Dokita, sudah 3 bulan lebih saya menderita sesak napas. Ini biasanya berlangsung random, entah saat sedang beraktifitas ataupun tidak. Saya sudah tes EKG, tes lemak, faal ginjal, dan rontgen thorax. Hasilnya semua normal kecuali rontgen yang mengindikasikan bronchitis/asthmatis. Saya kemudian ke dokter dan didiagnosis asma, yang sayangnya setelah menjalani pengobatan ternyata sesak saya tidak berkurang. Kemudian saya mencoba meminum omeprazole karena curiga asam lambung. Hasilnya, sesak napas saya berkurang jauh. Saya ingin menanyakan untuk menegakkan diagnosis yang tepat, tes lab apakah yang sebaiknya saya lakukan?
    Terima kasih.

    Reply
  26. Rachmalia widiastuti

    Siang dok…saya mau tanya…saya menderita batuksejak 2 bln sblm persalinan…ternyata setelah melahirkan batuk saya tidk sembuh2…ternyata stlh diperiksa oleh dokter umum saya dinyatakan menderita asma..pdhl sy tdk puny riwayat asma…batuk saya berlendir dan kdg napas bunyi ngik ngik…semalam saya sesak napas dr jam 10 malam sampai jam 5 pagi…sy ksi oksigen hirup sesaknya ga berkurang…yg mau sy tanyakan ap bnr sya kena asma…saya mau periksa intensif k dokter, tp bingung krn sy hrs periksa k dokter internist atau dokter spesialis paru dan asma?…mohon info nya dari dokter krn sya masi menyusui krn br 3 minggu pasca melahirkan…terimakasih

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, memang ada tanda-tanda asthma. Untuk memastikan, kami saranakn agar lakukan tes spirometri dan periksa ke dokter ahli paru untuk evaluasi. Baca juga artikel Dokita: http://dokita.co/blog/apakah-asma

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  27. listi kawulasari

    saya suka tiba-tiba sesak nafas,dan selalu sakit badan setiap saat,dan sering merasakan sakit didada sebelah kiri ataupun kanan.
    itu karea apa ?

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Sesak nafas atau nyeri dada bisa disebabkan karena gangguan dari jantung, paru-paru, gangguan otot dada dan lambung (misal GERD. Coba baca artikel Dokita: http://dokita.co/blog/gerd-gastro-esophageal-reflux-disease/).
      Karena itu kami sarankan agar Anda periksakan diri ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu minta diperiksa rekam jantung EKG, foto paru untuk memilah kemungkinan adanya kelainan di organ tersebut serta pemeriksaan lainnya.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  28. ayu

    Saya ayu,umur 22th.saya mau tanya dok, Sblumnya,saya sudah mmpunyai asma+batuk,tp jarang bgt kambuh,skitar 2th yg lalu ,saya cek ke spesialis paru,katanya hanya alergi saja. Tapi akhir2 ini saya sring sesak,nyeri didada,apalgi klo sudah makan malam,pasti lgsg sesak,susah nafas. saya sudah melakukan cek jantung,paru2 dan tes darah. Jantung n paru2 normal2 aja,tapi livernya tinggi kata dokter saya. Trus d beri obat lesichol-300,tp kok malah parah ya dok? Intensitas sesak nafasnya malah tambah parah,jadi setiap hari siang-malam,leher sperti dicekik,susah bgt bwt nafas,kuping saya pun jg agak sakit,n spt ada ssuatuny. Karena saya g kuat,saya hentikan mnum obatnya,kira2 1mingguan saya konsumsi susu beruang, sesak saya agak mndingan. 1mggu sblum sring sesak,maag saya kambuh parah,smp 3hri,sblumnya g prnh sakit sgtunya!! Itu knp ya dok?? Pengaruh liver ato maag? Trus solusinya gmn dok? Terima kasih, wassalam ^_^

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, karena hasil pemeriksaan paru dan jantung normal maka kemungkinan pemicunya adalah GERD. Coba baca artikel Dokita tentang GERD untuk menambah informasi di: http://dokita.co/blog/gerd-gastro-esophageal-reflux-disease/
      Seharusnya tidak ada kaitan dengan gangguan fungsi liver. Saran kami sebaiknya segera periksa ke dokter internist untuk evaluasi dan kalau perlu USG ulang dan lakukan endoskopi.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
      • ayu

        Sebelumnya,terima kasih byk ya dokter :)
        Kalo saya sambil mengkonsumsi kunyit putih dan temulawak,bagaimana dok?? Apakah bagus untuk kondisi saya sekarang? Saya kok susah gemuk ya dok? Makan 3x sehari,mnum susu pagi dan malam,sering ngemil,tp g naik2 brat badanku,knp ya dok? Apa asmaku berpengaruh?? Maaf,banyak tanya dokter. Terimaksih,wassalam ^_^

        Reply
        • admin

          Selamat Siang,

          Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
          Kunyit dan temulawak bagus buat fungsi liver. Sedangkan berat badan ada kaitan dengan faktor turunan, namun kondisi organ lain kadang ikut berperan seperti gangguan fungsi sistem pencernaan, fungsi tiroid dan lain-lain. Adanya asthma kronis tentu ikut berperan juga.

          Salam Sehat Selalu,

          Tim Dokita.
          Kunjungi juga Dokita Store di http://dokita.co/store/

          Reply
  29. muslim

    ass,
    dok law saya sering merasakan kehilangan nafas di samping itu juga
    tangan dan kaki saya mulai terasa dingin kira-kira apa ya dok…?

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, perlu dicermati apakah ada gangguan fungsi jantung atau anemia berat. Saran kami sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan cek laboratorium.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  30. rano yuwitoro

    Selamat siang dokter. Kenapa ya dok beberapa hari ini saya merrasakan ©åpȇk, nafas sesak, punggung seperti ditusuk2, tulang belakang pegal,lidah terasa kasar dan seperti habis minum aer panas..
    Apa penyebabnya?
    Dan apa pula obat/solusnya?
    Trima kasih..

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, mungkin akibat kecapean, overload ditambah kondisi badan yang kurang prima. Untuk memastikan perlu periksa ke dokter untuk dievaluasi dan kalau perlu cek laboratorium juga.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  31. Ilmadia

    Selamat malam dokita,
    Saya mauu tanya, tb” kemaren saya merasa sesak napas, lalu smpai skrng belum sembuh. Dan rasanya hidung saya tdk plong waktu bertukar udara, apalagi skrng di dada bagian tngah terasa sesak, lalu di tenggorokan juga trasa di cekik tp tdk sakit.
    Menurut dokter apa yg hrus saya lakukan, dan apa yg terjadi ?
    Terima kasih

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Saran kami, sebaiknya Anda coba periksakan ke dokter spesialis THT dulu untuk dievaluasi, misal: apakah ada polip di lubang hidung yang membuat napas jadi tidak plong atau karena ada flu atau mungkin ada kelainan lain, misal di paru atau jantung.

      Untuk mempermudah tanya jawab seputar masalah kesehatan, sebaiknya bertanya menggunakan aplikasi Android Dokita yang dapat di download di:
      https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  32. irna

    sdh lama sy sering mengalami sesak nafas, terkadang dada bagian tengah terasa terjepit… masalahnya sy tdk pernah periksa kedokter… dok apa keadaan sy baik2 saja?

    Reply
  33. callysta

    Selamat pagi dok..
    Saya mau tanya anak usia 11 bulan apa bisa terkena difetri?
    Meskipun sudah imunisasi DPT 3 kali..
    Kalau bisa, bagaimana cara penyembuhannya?
    Dan apa penyebabnya?
    Mohon penjelasannya..

    Trima kasih

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Kalau yakin telah melaksanakan imunisasi dasar lengkap dan tepat waktu (DPT), maka kecil kemungkinan terkena Difteri. Memang vaksinasi tidak memberikan jaminan 100 persen bebas infeksi. Vaksinasi adalah upaya pencegahan dengan menimbulkan imunitas pada penyakit infeksi. Respon timbulnya imunitas bergantung banyak hal, seperti efikasi vaksin dan respon individu.
      Difteri harus ditegakkan benar dengan pemeriksaan apusan kotoran tenggorok. Hal ini karena ada beberapa penyakit yang secara klinis menyerupai difteri. Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis anak untuk evaluasi agar mendapat penanganan yang akurat.

      Untuk mempermudah tanya jawab seputar masalah kesehatan, sebaiknya bertanya menggunakan aplikasi Android Dokita yang dapat di download di:
      https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  34. halimi

    Selamat Pagi Dok,
    saya ingin bertanya?
    saat ini saya sering sesak nafas tiba-tiba?
    kadang-kadang sesaknya hilang?
    itu kenapa ya dok?
    tolong informasinya dok…

    Reply
  35. halimi

    Selamat Pagi Dok,
    saya ingin bertanya?
    saat ini saya sering sesak nafas tiba-tiba?
    kadang-kadang sesaknya hilang?
    itu kenapa ya dok?
    tolong informasinya dok…

    Reply
  36. Salsa

    Dok, kq saya sering sesek nafas ya padahal saya gak telat makan, biasanya saya sesek nafas kalo sesek nafas.

    Reply
  37. Jannah

    dok… kalo sesak napasnya saat mao tertidur, gimana penanggulangannya dan apa penyebabnya?
    mksehhh.

    Reply
  38. Liza

    Dok saya mau tanya, akhir-akhir ini, kadang paru-paru saya ngerasa dingin, kadang sesak nafas jg, dan telapak kaki&tangan berkeringat dok. itu kira-kira kenapa ya dok? terima kasih sebelumnya dok:)

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Maaf, tanpa melakukan pemeriksaan langsung pasien, sulit bagi kami untuk memastikan penyakitnya apa. Mungkin ada gangguan di saluran pernafasan dan paru. Saran kami sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru.

      Untuk mempermudah tanya jawab seputar masalah kesehatan, sebaiknya bertanya menggunakan aplikasi Android Dokita yang dapat di download di:
      https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  39. Adi saputro

    Dear, dokter..
    dok, mau konsul, saya sudah berusia 35 tahun, kadang di waktu malam nafas saya agak sesak, dengan diiringi bunyi dan batuk yg berdahak (batuknya tidak sering), terutama ketika udara dingin/ber AC, saya sering berkendaraan motor dan kerja di ruang berAC. apakah penyebabnya dok. apakah paru2 basa?

    terima kasih, mohon info dan saranya.

    Reply
    • admin

      Selamat Malam,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Kemungkinan Anda menderita asmatis. Kami sarankan segera diobati agar jangan sering kambuh. Kalau benar asmatis, dasarnya bisa karena alergi atau udara dingin. Jadi cari pemicu alerginya dan kemudian hindari pemicu tersebut. Untuk kepastian sebaiknya segera periksa ke dokter untuk dievaluasi langsung.

      Untuk mempermudah tanya jawab seputar masalah kesehatan, sebaiknya bertanya menggunakan aplikasi Android Dokita yang dapat di download di:
      https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  40. Jo

    Dok saya mau nanya , kalau misalnya , sesak napas ny tiba2 , dan ada bunyi2 pas napas gitu , kenapa ya dok ? apakah makanan seperti goreng-gorengan mempengaruhi penyakit itu?

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin akibat asthma paru. Pemicu asthma bervariasi, termasuk makanan/minuman yang mengandung alergen (pemicu alergi). Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis paru untuk evaluasi dan kalau perlu rujuk ke klinik alergi. Baca juga artikel Dokita tentang asma di: http://dokita.co/blog/apakah-asma

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  41. nur

    pak, saya mau tanya tentang keadaan yang saya alami sekarang.
    sekarang ketika saya cape, tulang saya kedinginan padahal keadaan diluar panas dan nafas saya cepat….
    menurut Bapak gejala diatas merupakan gejala apa ? dan apa solusinya ?

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin akibat kondisi fisik yang kurang prima atau overload, sehingga perlu mengubah pola hidup. Kalau tetap tak ada perbaikan, kami sarankan perlu periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu cek laboratorium.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  42. rizka ambar mutmainah

    aslm dok anak suy berusia 2th 1 bln,6 bln yg lalu didiagnosa asma bronkiale sjk saat setiap bulannya sering mengalami serangan, 3 minggu yg lalu serangan hebat sesak nafas berat dan tiba2 ditengah malam kemudian sy berikan ventolin syr salbutamol dan inhalasi alhamdulillah bs teratasi.skrg tiap kali batuk selalu disertai dgn mengi dan jk dibiarkan timbul sesak,jd sy selalu antisipasi jgn sampai batuk pilek,ketika terlihat batuk lgs diberikan ventolin dan lerzyn apakah ada dampak negatif thd anak sy jk sy konsumsi obt tersebu setiap hr?mengingat hampir setiap hr terserang asma dan memiliki alergi trimakasih wasalam

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, harus dicari pemicu serangan asthma dan usahakan hindari pemicu tersebut, misal debu, udara dingin, bulu boneka dan sebagainya.
      Obat athma walaupun aman, namun tetap harus dibawah pemantauan dan evaluasi dokter anak. Jadi jangan atur dosis dan cara pengobatan sendiri tanpa anjuran dan pengawasan dokter. Kami sarankan segera periksa ke dokter spesialis anak ulang untuk evaluasi.
      Coba baca artikel Dokita: http://dokita.co/blog/apakah-asma/ atau http://dokita.co/blog/pemicu-alergi/

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  43. rena

    Usia sy 33 th, bbrp wkt lalu saya sukaa tiba2 merasakan spt sesak nafas, ga bs narik nafas panjang, kemudian keringat dingin dan jantung berdebar2, itu betlangsung kira2 3 menitan dan setelahnya hilang. 6 bln yg lalu kejadian di mall dan sempat pingsan sebentar. Kenapa ya dok, apa ada kelainan? Trims

    Reply
    • admin

      Selamat Pagi,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Maaf, tanpa pemeriksaan langsung pasien, kami belum bisa menarik kesimpulan pasti mengenai gangguan yang Anda alami. Sesaknya bisa dari jantung, atau karena gangguan kecemasan saja. Untuk kepastian, kami sarankan agar lakukan rekam jantung saja di dokter spesialis jantung. Bila hasilnya bagus, mungkin Anda mengalami rasa cemas.
      Coba baca artikel DOkita berikut untuk menambah informasi: http://dokita.co/blog/ikhtisar-gangguan-kecemasan-dan-panik/

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  44. Dedek

    dok saya punya beberapa pertanyaan seputaran sesak napas.
    1. sejak menikah tahun 2011 lalu, sepupu perempuan saya (23) sudah mengalami sesak napas sampai harus di rawat dirumah sakit sebanyak 2x. padahal sepupu saya dari kecil tidak pernah memiliki riwayat penyakit sesak napas apa pun itu jenis nya, itu dikarenakan apa y dok?
    2. jika sering mengalami cekikan yang keras di leher (terkadang meninggalkan memar dibagian luar leher dan sakit jika menelan) bisa mengakibatkan sesak napas dengan intensitas sering gk dok untuk perempuan usia 28 tahun?
    3. saya perempuan (28) mengalami tidak bisa bernapas jika keadaan gelap tanpa adanya cahaya sedikit pun dok dan itu sudah terjadi sekitar 3 atau 2 tahun belakangan ini, itu dikarenakan apa ya dok?
    4. saya kalo terkejut yang sangat, sering merasakan jantung saya sakit, napas sesak, debar jantung kencang dan lambat kembali normal, setelah itu badan jadi lemas dok, itu kenapa y dok?

    terimakasih jawabannya, maaf pertanyaannya banyak

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      1. Penyebab sesak bisa akibat kelainan di saluran pernafasan dan paru (asthma), gagal fungsi jantung, psikis dan sebagainya. Cara pengelolaannya juga berbeda tergantung dari penyebabnya. Karena itu, untuk kepastian sebaiknya periksa ke dokter untuk evaluasi dulu dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru dan EKG.
      2. Kalau trauma tersebut telah menimbulkan cedera pada tulang rawan leher dan saluran nafas, dapat sebagai salah satu pemicu gangguan pernafasan.
      3. Dari data yang disampaikan, sangat mungkin ada faktor psikis. Kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter psikiater untuk evaluasi.
      4. Semua gejala yang disebutkan adalah reaksi fisiologis atas trauma psikis yang dialami, hanya responsnya individual. Kalau sangat mengganggu, kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter psikiater untuk evaluasi dan mendapatkan advis yang tepat.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  45. afwah zaenul fidloh

    sore dok,
    saya mau tanya, akhir-akhir ini saya sering sesak nafas dok tp saya tdak pernah periksa kedokter sama sekali, sesak nafasnya tuh seperti susah untuk mengambil udara, terkadang dibantu dengan mulut, dan sepertinya hal itu terjadi ketika saya sedang puasa dok
    terimakasih

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Sesak dapat bersumber dari saluran pernafasan-paru (misalnya asthma), atau gangguan fungsi jantung, faktor psikis, kelelahan dan sebagainya. Karena tindakan pengelolaannya berbeda, maka untuk memastikan, kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru, rekam jantung dan cek laboratorium.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  46. Panji Ardiansyah

    Dear Dokter,

    Dok saya mw tanya, kenapa akhir2 ini kalo saya tarik nafas dalam suka kurang puas atau seperti tidak sampai, mohon bantuannya dok ada apa yah?

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin akibat kondisi fisik yang sedang lemah atau ada faktor psikis. Untuk kepastian, apakah ada gangguan fungsi paru atau tidak, kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis paru untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru dan cek spirometri.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  47. Rinaldy

    Dok saya ingin bertnya, bbrp hari ini hidung saya mulai mapet sehingga sulit bernafas. Dada saya menjadi sedikit nyeri akibat kesulitan bernafas ini. Dan juga saya baru mengetahui kalau saya menderita hipertensi dengan tekanan darah 150/90 mmHg dan saya juga sudah kurang berolahraga dan lebih suka tdur akhir2 ini. Saya berumur 18 tahun, dan juga obesitas. Apakah sebab dan penanangannya? Resiko penyakit apa yang paling mungkin? Jantung? Apakah bisa diminimalkan dengan mengubah pola hidup sehat?

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Hidung mampat mungkin bisa karena pilek atau alergi atau akibat radang/infeksi di hidung sehingga untuk kepastian, sebaiknya periksa ke dokter spesialis THT untuk evaluasi. Hipertensi, obesitas dan jarang olahraga memang adalah faktor risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Namun mengingat usia Anda yang relatif masih muda, seharusnya belum terjadi kelainan yang bermakna di sistem koroner.
      Saran kami, untuk kesehatan jangka panjang, Anda harus mulai ubah pola hidup menjadi pola hidup sehat (makan makanan bergizi seimbang, istirahat cukup dan olahraga teratur), serta memantau hipertensi dan obesitas secara berkala melalui kerja sama dengan dokter.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Beban kerja yang berat selain menjadi beban kerja jantung dan paru, juga ada kelelahan psikis sehingga akan terasa sebagai nafas sempit. Coba ubah pola hidup menjadi pola hidup sehat (makan makanan bergizi seimbang, istirahat cukup, dan olahraga teratur) dan tingkatkan stamina. Mudah-mudahan secara bertahap keluhan Anda akan berkurang.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  48. dwi

    dokter…anak saya usianya 7 tahun, setiap jatuh tengkurep pasti dadanya sesak dan tdk bisa nafas sampe anak saya pingsan….dibawa ke dokter dikasih oksigen lgs bisa nafas kembali…itu kenapa ya dok? apakah rongga tubuh dan ulu hatinya itu terlalu dekat atau ada efek yg lain dok….???

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Maaf, kita tidak bisa menduga-duga tanpa pemeriksaan langsung pasien. Jadi sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk diperiksa keadaannya secara klinis.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  49. Dapot Pardede

    selamat siang dok..
    aku mw nanya dok..
    kenapa kalo sudah mw tidur dok, dada saya ama tenggorokan saya terasa sesak dok, seperti ada yg sumbat gitu dok,,
    itu kenapa ya dok?

    Reply
  50. Siska

    Dok, saya baru 3hari ini susah tidur gara2 nafas saya tidak bisa panjang atau lega klo tiduran kalo duduk nafas normal lagi, dada sebelah kanan sakit, ulu hati sakit. Kenapa ya dok apa saya baru seperti ini.

    Reply
  51. Siska

    Dok, saya baru 3hari ini susah tidur gara2 nafas saya tidak bisa panjang atau lega klo tiduran kalo duduk nafas normal lagi, dada sebelah kanan sakit, ulu hati sakit. Kenapa ya dok ,saya baru seperti ini.

    Reply
  52. Amu Nazaf

    Assalamualaikum..
    dok sy mau tanya
    saat sy menghela nafas panjang sering berbunyi trut trut pada punggung bagian belakang dan punggung sy pun sering sakit, seperti nyeri otot, tapi rasa sakitnya ada di dalam tubuh.
    kira-kira itu penyakit apa ya dok?
    trus bagaimana cara mengobatnya?
    terima kasih :)

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Pemicu nyeri punggung sangat bervariasi, bisa bersumber dari urat otot, sendi tulang atau saraf. Namun perlu dicermati juga nyeri bersumber dari organ di dalam, antara lain paru, selaput dada, jantung dan sebagainya. Dari data yang disampaikan, sangat mungkin berasal dari urat otot atau persendian tulang belakang. Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter ulang untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru dan tulang belakang.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  53. Hendry

    Dok kenapa saya sering sesak nafas padahal saya udah cek kedokter trus rontgen tp gak ada masalah,saya kalau lg gak ada kerjaan pas mau tarik nafas gak plong,trus kalau teringat sesak nafas pasti tarik nafas gak plong,cara menghilangkan nya gimana dok,tq

    Reply
  54. nico

    dok ,sayaa mau tanya bahwa saya kesulitan nafas saat ini dan merasa sedikit mual juga ini karena apa ? saya juga belakangan sedang sakit pilek dan batuk , tapi saat ini hidung saya tak mampet .

    Reply
  55. budi

    siang dok,
    mohon pencerahannya..
    kira2 2 minggu yg lalu saya mengalami mual (hanya angin yg keluar), tidak nyaman pada dada kiri dan kanan kemudian agak pusing dan keringat dingin, perasaan berdebar dan kecemasan. setelah dicek ternyata asam lambung saya naik dan menyebabkan maag. Pola makan akhirnya saya rubah menjadi sedikit tapi sering. setelah kira2 2 minggu berjalan sy mengalami sesak dibarengi dengan mual dan keringat dingin jika sedang menjalani rutinitas. setelah beristirahat keadaan sy kembali normal. sy mohon pencerahannya pak dokter. terimakasih.

    Reply
  56. ronny

    Dok. Saya sering sakit di bagian dada kiri. Belakangan ini sering sesak nafas pada malam hari. Apa penyebabnya ya dok ?

    Reply
    • admin

      Selamat Pagi,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab nyeri dada bervariasi. Nyeri bisa bersumber dari urat otot, sendi tulang, atau saraf, atau dari organ dalam, misalnya jantung, paru. Dari data yang disampaikan, karena disertai sesak maka perlu cermati kemungkinan gangguan fungsi jantung, angina. Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu rekam EKG dan rujuk ke dokter spesialis jantung.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  57. ronny

    dok. belakangan ini saya sering sakit di bagian dada kiri nii. dan juga sering sesak nafas pada malam hari sekitaran jam 12 – 5 . apa akibat nya ya dok ?

    Reply
    • admin

      Selamat Pagi,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab nyeri dada bervariasi. Nyeri bisa bersumber dari urat otot, sendi tulang, atau saraf, atau dari organ dalam, misalnya jantung, paru. Dari data yang disampaikan, karena disertai sesak maka perlu cermati kemungkinan gangguan fungsi jantung, angina. Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu rekam EKG dan rujuk ke dokter spesialis jantung.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  58. dayat

    DOK saya minta tolong bantuan anda ‘akhir” ini saya sering sesak nafas dan di sertai batuk” yg tidx kunjung berhenti dan saya sudah ke dokter terdekat dan di kasih obat sesak dan batuk alhamdullilah sembuh dok .

    mohon bantuannya dokter

    Reply
    • admin

      Selamat Pagi,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, pemicunya sangat mungkin akibat radang/infeksi saluran pernafasan. Namun tetap perlu cermati apakah ada asthma. Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis paru untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru dan tes spirometri.
      Coba baca juga artikel Dokita berikut: http://dokita.co/blog/apakah-asma/

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  59. khoirunnisa

    selamat malam :)
    saya mau nanya dok, saya sering sesak nafas kalo ada di dalem ruangan yang sempit dan berdebu. tapi kalo di ruangan yang bersih dan sehat, hal itu gak saya rasakan. Sebenarnya apa yang saya alami ini dok? gimana cara nyembuhinnya. saya takut kalo mau check ke dokter. makasih dok

    Reply
  60. Mayang

    Selamat Sore dok…
    tolong sarannya…
    Saya memiliki teman, dia memiliki lemah jantung dan sering kambuh. Dan jika kambuh seluruh tubuhnya keram dan tidak bisa bergerak. Saya sebagai temannya bingung apa yang harus dilakukan. Saya hanya bisa memberikan Oksigen dan membaluri tangan dan kaki nya dengan minyak kayu putih agar tidak keram. Apa itu tindakan yang benar??? Lalu, dia juga setiap keluar dari ruangan berAC langsung kambuh. Apa betul AC juga berpengaruh??
    Terimakasih….

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Maaf, kami belum bisa pastikan jantung teman Anda itu lemah atau tidak karena perlu pemeriksaan langsung pasien dan menyeluruh untuk masalah jantungnya. Karena itu, kami sarankan lebih baik cek dulu ke dokter spesialis jantung yang terdekat di tempat Anda untuk memastikan kondisi jantungnya. Karena bisa saja kondisi yang dialami teman Anda ini sebenarnya hanya gangguan cemas/panic attack saja, yang banyak dipengaruhi oleh rasa kuatir. Saran kami segera berobat ke dokter spesialis jantung untuk evaluasi.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  61. arif

    Sore Dok,

    3 hari ini saya merasa sesak nafas dibagian sebelah kiri paru paru saya, kira2 penyebab saya sesak nafas apa ya dok, saya tidak flu, saya sering berpergian menggunakan motor, apakah bisa disebabkan masuk angin ? mohon penjelasannya dok. terima kasih.

    Reply
  62. Enjiana Syach

    Malam dok, umur saya masih 14 tahun tapi sudah 2 tahun ini saya sering sekali merasakan sesak ketika kedinginan atau terkena udara dingin. Dan sering setiap tarik nafas bagian dada kiri saya sering terasa sangat sakit. Apa penyebab nya yaa dok? terima kasih:)

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Pada kondisi dingin yang teramat sangat, biasanya otot berkontraksi dan cenderung bisa jadi kaku, apalagi pada orang yang memiliki alergi terhadap udara dingin. Selain otot di rongga dada berkontraksi dan menimbulkan rasa linu, bisa pula timbul penyempitan saluran nafas di paru yg diakibatkan karena alergi udara dingin. Saran kami, sebaiknya gunakan jaket saat udara dingin, minum air hangat dan tinggal di dalam rumah/ kamar saat udara disekitar Anda terasa terlalu dingin.

      Selain kemungkinan gangguan urat otot di dada, perlu cermati kemungkinan ada asthma. Untuk kepastian, sebaiknya Anda periksa ke dokter spesialis paru untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru dan tes spirometri. Coba baca artikel Dokita: http://dokita.co/blog/apakah-asma

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
      • ilma

        dok saya mau tanya kenapa kadang kadang tiba tiba dada saya sakit truz saya sulit untuk bernafas dan kalau ambil nafas panjang slalu gk puas dan gk bisa sampai dalam … trimakasih

        Reply
        • admin

          Selamat Sore,

          Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
          Penyebab nyeri dada bervariasi. Nyeri dapat bersumber dari urat otot, sendi tulang atau saraf. Namun perlu cermati kemungkinan nyeri berasal dari organ dalam seperti jantung, paru. Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru dan EKG.

          Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
          Terima kasih

          Salam Sehat Selalu,

          Tim Dokita.
          Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

          Reply
  63. ade

    sore dok, dok saya ingin bertanya, akhir” ini saya sering sesak nafas, nafas pendek, trz kalau dada saya sakit nafas y sesak saya ingin y batuk . tapi saya tidak sakit batuk dok. kira” kenapa y dok.

    terimakasih

    Reply
  64. Ufe fahrudin

    Dok, saya berumur 36 tahun, sudah hampir 3 minggu saya kena panas dan demam lalu saya batuk dan flu, setelah ke dokter, panas dan demam sudah hilang, tapi batuk nya tetap masih ada dok, dan sekrang ada sesak napasnya, saya seperti orang kecapean napas pendek, dan tersenggal-senggal. saya kenapa ya dok…?

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, perlu cermati ada proses peradangan di saluran nafas dan paru, antara lain TBC. Untuk kepastian, kepastian, kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan Rofoto (Rontgen foto) paru.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  65. yusuf

    siang dok. gini sayakan klau berjalan. saya sering sesak nafas. truss jantung saya berdebar, truss perut saya sering keroncongan itu saya habis makan,

    Reply
  66. reny

    Sore Dok,

    Anak saya umur 6 tahun, belakangan (mungkin sudah 2 minggu) ini sering menarik nafas panjang dan dalam, sepertinya tidak lega jika bernafas. Jaraknya tidak berdekatan dok, kira-kira 2 menit sekali.
    Sebelumnya pernah juga mengalami hal serupa 2 kali tapi kemudian berhenti dengan jarak kira-kira sebulan (maksudnya sebulan tidak bernafas seperti itu). Kemarin saya ke dokter anak untuk cari tahu, tapi menurut dokter tersebut ini adalah masalah psikis dan disarankan ke psikiater. Aduh, dok..saya gak merasa ada masalah psikis dengan anak saya karena dia adalah anak yang ceria dan bahagia (heheh… :)) ).
    Tolong dok, apa kira-kira ada masalah kesehatan dengan anak saya? Terima kasih ya dok.

    Salam
    Reny

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin pemicunya adalah faktor psikis, namun tentu bukan sakit jiwa, sehingga perlu temui dan konsultasi dengan psikolog anak. Coba temui dan konsultasi dahulu dengan psikolog untuk evaluasi.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  67. reny

    Pagi Dokter,

    Anak saya umur 6 tahun. Sering mengeluh napasnya tidak lega dan selalu menarik napas dalam dan panjang. interval nya kira-kira satu menit dok, selebihnya napas seperti biasa. dan ini sudah berlangsung 2 mingguan. sebelumnya pernah juga mengalami hal serupa 2 kali. yakni bulan desember namun kemudian berhenti. Tapi ini kambuh lagi dok. Apa ada masalah kesehatan dengan pernapasan anak saya dok? Terimakasih.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin pemicunya adalah faktor psikis, namun tentu bukan sakit jiwa, sehingga perlu temui dan konsultasi dengan psikolog anak. Coba temui dan konsultasi dahulu dengan psikolog untuk evaluasi.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sesak bervariasi, bisa karena gangguan paru (misal asma), atau gangguan fungsi jantung, polip di hidup, flu dan sebagainya. Dari pertanyaan sebelumnya, sangat mungkin pemicunya adalah faktor psikis, namun tentu bukan sakit jiwa, sehingga sebaiknya temui dan konsultasi dengan psikolog anak. Coba temui dan konsultasi dahulu dengan psikolog untuk evaluasi dulu.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  68. Ningrum

    Dear, dokter.
    Saya perempuan, 19 th.
    Saya mengalami sesak di dada-punggung seperti tertekan benda berat, hilang timbul selama satu tahun ini. Pernah juga nyeri dada kiri seperti tertusuk benda tajam dan semakin sakit saat menarik nafas, nyeri ini jarang terjadi, tidak tergantung aktivitas, bahkan saat istirahat pun kadang2 muncul tiba-tiba. Kadang2 juga nyerinya itu menjalar ke lengan kiri. Saya juga mudah capek, ngos-ngosan, dan sering pusing. Tulang rusuk yg sebelah kiri saya ada yg lebih menonjol dibanding yg kanan.
    Saat saya merasa sesak dada, pernah diperiksa oleh dr umum, katanya ada suara murmur dan disarankan ke dr SpJP. Dari dr umum itu saya diberi obat furosemide, dan memang saat mengonsumsi obat itu sesak saya lumayan berkurang.
    Setelah obat habis, sekitar 10 hari kemudian, saya periksa ke dr SpJP, tapi saat itu kondisi saya sedang tidak sesak. Kemudian direkam jantung dan rontgen, hasilnya paru2 dan jantung normal, juga tidak ada suara murmur.
    Sampai sekarang saya masih sering merasa sesak. Kira-kira kenapa ya dok?
    Apakah hasil pemeriksaannya itu bisa berbeda saat dilakukan ketika saya sedang sesak atau tidak?

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab nyeri dada bervariasi. Nyeri bisa bersumber dari urat otot, atau sendi tulang, atau saraf. Namun, kalau disertai sesak, memang harus cermati ada gangguan fungsi paru (misal: asthma) atau gangguan fungsi jantung (misal: gagal jantung). Dari data yang disampaikan, salah satu indikasi furosemid memang untuk gagal jantung. Namun, kalau hasil konsultasi dengan dokter SpJP, bahwa paru dan jantung normal maka pemicunya mungkin faktor lain, termasuk faktor psikis.
      Memang kalau saat tidak ada keluhan, tanda sesak mungkin tidak terdeteksi. Coba observasi dulu. Kalau perlu periksa ke dokter spesialis jantung ulang saat sedang sesak dan nyeri dada.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  69. Meiskha

    malam dok…
    sya mau brtanya apa penyebab dari pada saat kita tertidur, terus terkejut dan terjadi sesak nafas…?
    dan apa yang harus sya lakukan utk mengatasi hal itu?

    Reply
  70. Annisa Aw

    Dokter , entah kenapa saya berjalan sedikit atau mengangkat benda yang agak berat rasanya langsung capek , lemas , dan sesak.
    Itu kira” kenapa ya ?

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Berapakah usia Anda? Jika diatas 50 tahun, maka harus hati-hati. Sebaiknya lakukan pemeriksaan foto paru dan rekam jantung. Tapi jika usia Anda 30 tahunan, mungkin karena Anda kurang bugar kondisi fisiknya. Kami sarankan, coba lakukan olahraga yang teratur 3-4 kali sehari dengan masing-masing 30 menit.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
    • pratiwi santika

      dok saya kalau bicara pasti sesak nasaf dok ciri apa sih dok
      kalau saya ngomong pasti nafas saya seperti tidak ada dan susah ngamong sampe telinga saya berdengung

      Reply
      • admin

        Selamat Siang,

        Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
        Sesak nafas bisa dari gangguan di organ paru, jantung atau lambung. Tapi kalau buat bicara saja sesak, sebaiknya segera Anda pastikan apa penyebabnya dengan cara segera berobat ke dokter yang terdekat dan bila perlu lakukan pemeriksaan penunjang lain seperti rontgen foto paru dan rekam jantung.

        Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
        Terima kasih.

        Salam Sehat Selalu,

        Tim Dokita.
        Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

        Reply
  71. Ranti

    Dear Dokter ,

    Dok , nafas saya terasa sesak . Ketika akan ambil napas dalam-dalam berasa sesak . dan serasa ada yang mengganjal di dada saya Dok , jadi seperti pernafasan saya ini tidak lancar . bahkan ketika saya tidak ambil napas dalam2 , didada terasa ada yang mengganjal Dok .

    Terima Kasih atas jawabannya .

    Ranti

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, perlu dicermati ada gangguan di sistem pernafasan, antara lain asthma. Pemicu lain adalah gangguan fungsi jantung atau faktor psikis. Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis paru untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan Rofoto (Rontgen foto) paru, rekam EKG dan tes spirometri.
      Coba baca artikel Dokita berikut: http://dokita.co/blog/apakah-asma/

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
      • Ranti

        Dear Dok ,

        Terima kasih atas jawabannya , tapi anehnya Dok , setelah dikerok atau diberi semacam koyo rasanya agak lega . Tapi kambuh lagi Dok . Jadi tidak nyaman .

        Terima Kasih

        Reply
        • admin

          Selamat Siang,

          Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
          Sebaiknya tetap ikuti saran kami sebelumnya, dengan periksa ke dokter spesialis paru untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan Rofoto (Rontgen foto) paru, rekam EKG dan tes spirometri untuk memastikan penyebab gangguan yang Anda alami.

          Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
          Terima kasih.

          Salam Sehat Selalu,

          Tim Dokita.
          Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

          Reply
  72. Gria Dwa Embara

    saya mau tanya kenapa’a saya suka sesak nafas tiba2 dan dada rasa’a sakit banget kalo buat nafas,,,

    terima kasaih

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Rasa sesak dan nyeri bisa berasal dari organ jantung, paru-paru atau hanya di sekitar otot dada Anda. Untuk itu, kami sarankan agar Anda melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap organ-organ tersebut dengan cara foto rontgen paru dan rekam jantung. Setelah itu baru bisa diambil kesimpulan organ apa yang bermasalah.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  73. anankurniawan@ymai.com

    Salam Sehat Dok..!!

    Perkenalkan Saya : Anan
    Umur 38 Tahun

    Saya Sakit sesak Napas sudah ± 3 Tahun (dari tahun 2011)
    Pertamanya saya operasi usus buntu (Sesar). terus terasa sakit di ulu hati dan sesak napas.
    saya konsultasi dengan dokter bedah (yg opesai sesar usus buntu saya). tapi tidak ada perubahan.
    sampai sekarang sesak napas dan bekas operasi sesar dan usus buntu saya kadang terasa sakit.
    kalau jongkok seperti mengganjal.

    Yang sya lakukan Dok :
    1. Saya sudah berobat ke dokter dalam 3 Dokter (3 Rumah sakit)
    2. saya sudah di USG hasilnya normal
    3 saya sudah di ronsen hasilnya normal
    4. obat dari dokter sudah saya minum tapi, sesak napas belum sembuh.

    5. saya sudah ke dokter Jantung dan USG jantung hasilnya normal
    tapi masih sesak napas.
    6. sekarang pinggang sebelah kiri terasa sakit dan pegal
    7. saya sering olah raga (Lari) ± 30 Menit 1 Minggu 3 Kali.
    anehnya kalau lari Napas tidak sesak, tapi kalau istirahat dan duduk sesak lagi.

    Tolong saran dan masukannya dok.. atas sakit yang saya derita ini
    Semoga kita semua diberikan kesehatan.

    Salam sehat Dok..!!

    Anan

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sesak bervariasi. Sesak dapat bersumber dari saluran pernafasan-paru (asthma), gangguan fungsi jantung, gangguan di lambung (misalnya GERD/Gastro Esophageal Reflux Disease) dan bisa juga akibat faktor psikis.
      Kalau sudah lakukan macam-macam tes (EKG, Rontgen foto paru, USG) dan semua yakin normal, maka perlu cermati ada masalah psikis.
      Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter spesialis paru ulang untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan tes spirometri. Kalau hasilnya tetap normal, maka mungkin perlu konsultasi dengan psikiater untuk evaluasi.
      Coba baca artikel berikut untuk menambah informasi: http://dokita.co/blog/gerd-gastro-esophageal-reflux-disease/ , http://dokita.co/blog/apakah-asma/

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  74. Anan

    Salam Sehat Dok..!!

    Perkenalkan Saya : Anan
    Umur 38 Tahun

    Saya Sakit sesak Napas sudah ± 3 Tahun (dari tahun 2011)
    Pertamanya saya operasi usus buntu (Sesar). terus terasa sakit di ulu hati dan sesak napas.
    saya konsultasi dengan dokter bedah (yg operasi sesar usus buntu saya). tapi tidak ada perubahan.
    sampai sekarang sesak napas dan bekas operasi sesar dan usus buntu saya kadang terasa sakit.
    kalau jongkok di bawah perut sebelah kiri dan kanan seperti mengganjal.

    Yang sya lakukan Dok :
    1. Saya sudah berobat ke dokter dalam 3 Dokter (3 Rumah sakit)
    2. saya sudah di USG hasilnya normal
    3 saya sudah di ronsen hasilnya normal
    4. obat dari dokter sudah saya minum tapi, sesak napas belum sembuh.

    5. saya sudah ke dokter Jantung dan USG jantung hasilnya normal
    tapi masih sesak napas.
    6. sekarang pinggang sebelah kiri terasa sakit dan pegal
    7. saya sering olah raga (Lari) ± 30 Menit 1 Minggu 3 Kali.
    anehnya kalau lari Napas tidak sesak, tapi kalau istirahat dan duduk sesak lagi.

    Tolong saran dan masukannya dok.. atas sakit yang saya derita ini..
    dan saya harus berobat ke mana.?
    Semoga kita semua diberikan kesehatan.

    Salam sehat Dok..!!
    Terimakasih.

    Anan

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sesak bervariasi. Sesak dapat bersumber dari saluran pernafasan-paru (asthma), gangguan fungsi jantung, gangguan di lambung (misalnya GERD/Gastro Esophageal Reflux Disease) dan bisa juga akibat faktor psikis.
      Kalau sudah lakukan macam-macam tes (EKG, Rontgen foto paru, USG) dan semua yakin normal, maka perlu cermati ada masalah psikis.
      Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter spesialis paru ulang untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan tes spirometri. Kalau hasilnya tetap normal, maka mungkin perlu konsultasi dengan psikiater untuk evaluasi.
      Coba baca artikel berikut untuk menambah informasi: http://dokita.co/blog/gerd-gastro-esophageal-reflux-disease/ , http://dokita.co/blog/apakah-asma/

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  75. Lita Ekafandina

    Selamat Siang,

    Perkenalkan nama saya lita, usia saya 32 Tahun. Karena anak-anak saya masih kecil dan suka bergadang saya juga sering menemani mereka bergadang malam harinya, dan siang harinya saya harus bekerja dikantor. Yang saya mau tanyakan, kenapa setiap pagi hari atau pada saat saya kurang tidur selalu sesak napas. keringat dingin, pandangan berkunang-kunang. Apakah ada hubungannya karena saya kurang tidur?

    Terima Kasih Dokter,

    Lita

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Biasanya itu terjadi karena akibat kurang tidur, tekanan darah bisa tiba-tiba drop turun dan itu yang menyebabkan keringat dingin, kunang-kunang bahkan sesak nafas. Coba istirahat yang cukup. Kalau keluhan tetap ada, sebaiknya periksa ke dokter untuk evaluasi.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  76. Nuraini

    ass …
    mau tanya pak, apakah penyebab sesak nafas itu karna kita sering makan mie ?
    saya juga punya sakit mag, apakah penyebab dari itu nafas saya sesak, kalo habis makn mie pasti dada saya sakit.
    sebelumnya saya ucapin terima kasih atas jawabannya.

    Reply
    • admin

      Selamat Pagi,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin ada GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease), sebagai salah satu penyebab sesak sehingga perlu mengubah pola makan dan pola hidup menjadi pola hidup sehat. Kalau tetap tak ada perubahan, kami sarankan periksa ke dokter untuk evaluasi. Bakmie memang tidak cocok dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat sakit maag.
      Coba baca artikel Dokita tentang GERD di: http://dokita.co/blog/gerd-gastro-esophageal-reflux-disease/

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  77. tika

    sore dok, aku mau tanya, knapa y kalo lg tidur/tiduran nfas sya trasa berat, kalo pke bju/celana yg agk kenceng dkit tu lngsng sesek nfas, dan sya jg sering ambl nfas dalem gtu, dlu awalny sy kya gni gara2 sering mnghirup asap obt nyamuk bkar dan kipas angin, tpi skrg udah g pernah pke obt nymuk bkar n kipas angn, tpi sesakny ko mash ada y??? bbrapa blan yg lalu pernah bdan sya brkeringat sebelah, yg sbelah kiri aja yg kringetan yg kanan ngga
    sya blm pernah cek k dokter, ini kira2 knp y dok???
    mkash..

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sesak nafas bisa bersumber dari paru (misal asthma), jantung (misal gagal jantung) dan faktor psikis. Dari data yang disampaikan, mungkin berkaitan dengan faktor alergen sebelumnya, yang dampaknya masih berlanjut. Keringat sebelah mungkin ada kaitan dengan posisi terpapar suhu berbeda atau ada gangguan fungsi saraf.
      Untuk kepastian, sebaiknya periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan Rofoto (Rontgen foto) paru, tes spirometri, rekam EKG dan rujuk dokter spesialis saraf.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  78. ROSI ROSMIATI

    Selamat pagi Dok…

    Anak saya berumur 16 thn, tiba – tiba sesak nafas, hidung terasa panas, badan lemas tdk bisa bisa bergerak, sebelum kejadian mata kabur kalau malam. gejala penyakit apa ya Dok ? pas kejadian dibawa ke klinik diagnosanya penyakit Panic Attack apa bener ya Dok ? apa berhubungan dgn kegiatan sekolah yg padat Dok. Bagaimana solusinya Dok…

    Terima kasih atas jawabannya ..

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Mohon maaf, tanpa melakukan pemeriksaan langsung pasien, memang sulit untuk memastikan penyakit apa yang diderita, mungkin akibat hipotensi, anemia, gangguan fungsi paru (misal asthma) atau gangguan fungsi jantung, faktor psikis memang dapat sebagai salah satu pemicu.
      Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter internist untuk evaluasi dulu dan kalau perlu rujuk ke psikiater.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  79. Widyanti

    Siang dok, saya akhir2 ini sering merasa sesak nafas disertai batuk kering sesekali, dan hal inin sangat mengganggu sekali ketika tidur karena nafasnya bunyi ngik..ngik gitu dok. Sebaiknya saya periksa ke dokter spesialis apa dulu, internis atau paru? Terima kasih

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, perlu cermati ada gangguan di saluran pernafasan-paru, misal asthma. Untuk kepastian, kami sarankan segera periksa ke dokter spesialis paru untuk evaluasi dan kalau perlu Rontgen foto dan tes spirometri.
      Coba baca juga artikel Dokita: http://dokita.co/blog/apakah-asma/

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  80. Haris

    Dok saya mw tanya kenapa saat sedang tertidur nafas saya tiba-tiba berhenti dan nyesak apakah saya terkena kanker paru-paru?

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, perlu cermati ada sleep apnea sehingga perlu dicari pemicu /penyebabnya, antara lain gangguan di di saluran pernafasan atau jantung.
      Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter internist untuk evaluasi.
      Coba baca juga artikel Dokita: http://dokita.co/blog/sleep-apnea/

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  81. Haris

    Dok saya mau tanya kenapa saat saya tertidur tiba-tiba nafas saya berhenti dan sesak apakah saya terkena kanker paru-paru?

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, perlu cermati ada sleep apnea sehingga perlu dicari pemicu /penyebabnya, antara lain gangguan di di saluran pernafasan atau jantung.
      Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter internist untuk evaluasi.
      Coba baca juga artikel Dokita: http://dokita.co/blog/sleep-apnea/

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  82. Haris

    Dok saya mau tanya, kenapa nafas saya tiba-tiba berhenti dan sesak saat tertidur apakah saya.terkena kanker paru-paru?

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, perlu cermati ada sleep apnea sehingga perlu dicari pemicu /penyebabnya, antara lain gangguan di di saluran pernafasan atau jantung.
      Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter internist untuk evaluasi.
      Coba baca juga artikel Dokita: http://dokita.co/blog/sleep-apnea/

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  83. Gilang

    Dok saya mau tanya kenapa saat saya sedang tidur tiba” kehilangan nafas dan terasa sesak gejala penyakit apakah ini dok ?

    Reply
        • admin

          Selamat Siang,

          Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
          Sesak dapat bersumber dari saluran pernafasan dan paru (misal asthma), atau gangguan fungsi jantung, kelelahan, faktor psikis dan lain-lain. Sedangkan nyeri pinggang dapat bersumber dari urat otot, atau sendi tulang atau saraf, dan mungkin dari organ dalam antara lain ginjal.
          Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu cek laboratorium, Rontgen foto dan EKG.

          Salam Sehat Selalu,

          Tim Dokita.
          Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

          Reply
  84. Elmida

    selamat siang dokter. 2 tahun ini saya sering mengalami sesak nafas sampai berkali-kali keluar masuk rumah sakit. kata beberapa dokter saya menderita gastritis. ketika datang perasaan penuh dan sakit di ulu hati, dada saya terasa sesak, perasaan kaku di leher, sakit di punggung atas, tengkuk, keluar keringat dingin, telapak kaki dan tangan dingin berair , dada kanan kiri terasa nyeri dan kepala terasa tercengkeram. ketika periksa jantung dan paru hasilnya normal. dan ketika sesak nafas itu datang, saya malah dilarang menggunakan oksigen oleh dokter saya dengan alasan ketergantungan. bahkan sesak nafas itu bisa terjadi ketika saya dalam keadaan tidur.
    sebenarnya saya sakit apa ya dok? atau saya mengalami gejala penyakit apa ya? terimakasih.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, kalau yakin fungsi paru dan jantung normal, maka sangat mungkin akibat GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease), sehingga perlu mengubah pola makan, pola tidur dan pola kerja. Kalau tetap tak nyaman, kami sarankan segera periksa ke dokter internist untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan endoskopi.
      Coba baca artikel Dokita tentang GERD di: http://dokita.co/blog/gerd-gastro-esophageal-reflux-disease/

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  85. luluk

    dok, apakah penyakit bronkitis yang sudah lama tidak kambuh, bisa kambuh kembali ?

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyakit Bronkitis tentu bisa saja kambuh. Oleh karena itu, jaga kondisi dengan jangan merokok, jangan begadang, istirahat yang cukup dan kalau batuk, segera diobati serta makan yang teratur.
      Coba baca juga artikel Dokita tentang bronkitis di: http://dokita.co/blog/apa-itu-bronkitis/

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  86. Hendarny

    Selamat siang Dok…
    Saya mengalami stroke pd 2 sept 2012 yg lalu dan kini dalam tahap terapi
    Terapi sdh banyak kemajuan tapi ada 1 lagi yg menganggu yaitu nafas pendek
    Awalnya sy rajin Terapi gerak utk menjaga agar badan saya tidak terus kaku dan alhamdulillan sdh banyak kemajuan, kini tangan sy sdh bisa digerak2 an. Pd waktu musim yg lalu aktifitas itu menurun saya banyak dikamar yg tanpa saya sadari telah membuat napas saya pendek.
    Sdh di EKG tapi katanya gak apa2…dikasih obat 5 macam diantaranya Captopril, Nitrokaf Retard, CPG@75 clopidogrel, Amlodipine, Simvastatin krn saya tidk rajin minum obat waktu kena stroke dulu.
    Menurut dokter sakit saya apa sih dan apa obatnya ? Terima kasih

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sesak nafas bervariasi, bisa karena gangguan saluran nafas dan paru (misal asthma), atau gangguan fungsi jantung, atau gangguan fungsi saraf dan otot pernafasan, atau faktor psikis.
      Dari data yang disampaikan, perlu cermati ada kaitan dengan otot yang lemah atau gangguan fungsi jantung. Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter spesialis saraf ulang untuk evaluasi.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  87. Yurika

    dok, sy mau tnya kmarin pas sy mau tidur nafas sy sperti trtahan, sy mau bernafas susah skali, kurang ebih slama 1 jam sy susah bernafas, smua badan sy trasa lemas, kaki, tangan, bibir sy keram & kpala sy tdk tau bgaimana rasanya. & itu trjadi lg tdi malam, & wktunya lebih lama lg, smpe kpala sy sdh sakit utk mndpatkan udara utk brnafas. sy sdh prnah msuk rumah sakit & sdh prnah priksa jantung & kepala, tpi tdk ada apa2, trus pas sy di bawah ke Dokter ktanya sy sakit maag.. dokter, apa betul sy sakit maag?? apakah sparah itu sesak nafas?? klo sdh kambuh sesak nafas rasanya itu sperti sdh mau mati..

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sesak nafas bervariasi, antara lain gangguan di saluran pernafasan dan paru (misal asthma), atau gangguan fungsi jantung, termasuk gangguan pencernaan di lambung misalnya GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease).
      Kalau yakin jantung tak ada masalah, maka pemicunya mungkin asthma atau GERD. Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan Rontgen foto paru, tes spirometri, dan rujuk ke dokter internist untuk endoskopi.
      Coba baca artikel Dokita: http://dokita.co/blog/apakah-asma/ dan http://dokita.co/blog/gerd-gastro-esophageal-reflux-disease/

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  88. Julia

    Dok, saya tidak bisa bernafas panjang dan di dada serasa sesak kalau nafas panjang, terus dibawah paru-paru kanan saya berbunyi jika nafas panjang,,, tetapi jika bernafas biasa saya tidak terganggu.. boleh tau kenapa ya ? dan saya juga habis terkena batuk berdahak yang nempel di dada, ini baru sembuh…

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Jika Anda baru saja terkena batuk dan baru sembuh disertai rasa tidak enak saat tarik nafas panjang, sebaiknya Anda melakukan Rontgen foto paru-paru untuk melihat apakah di pembungkus parunya ada terinfeksi/ terendam cairan atau tidak serta periksa ke dokter ulang untuk evaluasi. Karena kami khawatir ada gejala sisa yang terjadi di paru-paru Anda.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  89. haedani

    dok, saya kalau terlalu memendam sesuatu atau kalau lg marah knp dada sya terasa sakit dan terasa sesak, apa yg menyebabkan nya ?

    trimakasih…..

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Menurut kami, itu bukan karena kelainan di organ tapi hanya psikosomatis dimana psikis yang sakit menyebabkan anggota tubuh terasa ada kelainan, seperti sesak dan nyeri dada. Atau nyeri dadanya timbul dari meningkatnya asam lambung karena rasa kesal/cemas.
      Coba baca juga artikel Dokita: http://dokita.co/blog/krisis-psikosomatis/

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  90. dery

    malam dok
    mau tanya istri saya sering mengeluh sesak nafas,padahal istri saya tidak ada gangguan batuk dan flu..

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sesak bervariasi. Sesak dapat bersumber dari saluran nafas dan paru (misal asthma), gangguan fungsi jantung, psikis, gangguan otot pernafasan dan sebagainya. Karena pengelolaannya berbeda tergantung dari penyebabnya, maka harus dipastikan dahulu apa penyebab sesak Anda dengan periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan Rontgen foto paru, tes spirometri, rekam EKG dan pemeriskaan penunjang lain.
      Coba baca juga artikel Dokita: http://dokita.co/blog/apakah-asma/

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
      • maia

        sore dok,
        maaf mau tanya saya sering dan hampir tiap bulan sekali sesak nafas dan kalo tarik nafas panjang itu dada sblah kiri sakit dan kurang plong kaya ada yg tertinggal didada. saya sdh rontgen dan hasilnya paru2 sbelah kiri ada flek. itu solusi baiknya gimana ya dok??

        Reply
        • admin

          Selamat Sore,

          Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
          Dari data yang disampaikan, kalau yakin ada flek, tanda ada infeksi (apakah hasil flek ini TBC?), sehingga perlu segera ditangani.
          Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter spesialis paru untuk evaluasi dna tindakan.

          Salam Sehat Selalu,

          Tim Dokita.
          Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

          Reply
  91. s.bujung

    Salam dokter.
    dok saya beberapa minggu ini sering sesak napas. Kalau di tarik napas nya pakai hidun g memang lebih plong tetapi sesekali kalau lewat muluk kenapa tidak plong seperti berat untuk menarik napas nya. Dan saya sudah pernah EKG cek ke dokter jantung di treadmil normal. Tetapi saya waktu lab TAT ada hiperagregasi setelah berobat ke dokter spesialis. Di berikan obat clopydogrel hiperagregasi trombosis saya sekarang Normoagregasi. Tetapi saya sering sesak napas apalagi kalau lagi stress. Kalau saya bawa olah raga napas biea lega atau plong dok. Atau kalau lagi sendawa juga plong kalau lagi di tarik napas nya. Itu apa ya dok penyebab nya. Trimakasih dok bila di jawab.

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sesak nafas dapat berasal dari saluran pernafasan dan paru (seperti asthma), atau gangguan fungsi jaantung, psikis dan sebagainya.
      Dari data yang disampaikan, kalau yakin fungsi jantung dan paru baik, maka mungkin ada kaitan dengan faktor psikis akibat stres, beban kerja overload dan lain-lain.
      Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu rujuk ahli paru dan psikiater.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply

Komentar

  • (will not be published)

 

E-Klinik E-Klinik