Jenis Sakit Tenggorokan dan Pengobatannya

Jenis Sakit Tenggorokan dan Pengobatannya

Apakah Jenis Sakit Tenggorokan Anda?

Apakah Anda sedang sakit tenggorokan? Mungkin Anda bertanya-tanya jenis sakit tenggorokan yang Anda alami, apakah sakit tenggorokan dengan pilek, strep throat (infeksi tenggorokan akibat kuman yang menyebabkan tenggorokan terasa gatal dan nyeri) atau tonsilitis? Artikel ini merupakan bantuan yang dapat Anda gunakan untuk mencari tahu jenis sakit tenggorokan apa yang Anda alami.

Apakah Perbedaan Antara Pilek, Strep Throat, dan Tonsilitis?

Sakit tenggorokan sering menjadi tanda pertama pilek. Namun sakit tenggorokan dengan pilek seringkali membaik atau hilang setelah hari pertama atau kedua. Gejala pilek lainnya seperti hidung berlendir dan mampat dapat menyertai sakit tenggorokan.

Strep throat merupakan infeksi akibat bakteri streptococcus, yaitu penyebab lain dari sakit tenggorokan dan tonsilitis. Pada strep throat, sakit tenggorokan seringnya lebih parah dan berlangsung lama.

Tonsilitis adalah peradangan atau infeksi amandel (yaitu jaringan massa yang terletak di bagian belakang tenggorokan) yang menyakitkan.

Apakah Sakit Tenggorokan Dengan Pilek Disebabkan Oleh Virus Atau Bakteri?

Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh virus atau bakteri. Penyebab paling umum dari sakit tenggorokan adalah virus. Sakit tenggorokan karena virus, seringkali disertai dengan gejala flu lainnya, yang mungkin termasuk hidung berlendir, batuk, mata merah atau berair, dan bersin. Penyebab lain dari sakit tenggorokan termasuk merokok, polusi atau iritasi di udara, alergi, dan udara kering.

Apa Saja Gejala Pilek Lain Yang Menyertai Sakit Tenggorokan?

Selain sakit tenggorokan, gejala pilek umum lainnya termasuk:

  • Hidung berlendir
  • Bersin
  • Batuk
  • Sakit kepala ringan
  • Nyeri tubuh ringan
  • Demam

Bagaimana Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Pilek?

Meskipun tidak ada obat untuk sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus flu, namun ada cara untuk membantu Anda merasa lebih nyaman. Dengan minum cairan hangat, berkumur dengan air garam hangat, atau minum obat yang dijual bebas di apotik, mungkin dapat meredakan gejala nyeri atau demam. Ketika Anda sakit pilek, maka penting juga untuk mendapatkan cukup istirahat, menyantap makanan yang sehat, dan minum banyak cairan.

Dapatkah Obat Meringankan Gejala Sakit Tenggorokan Dengan Pilek?

Obat pilek yang dijual bebas di apotik dapat meredakan gejala pilek dan sakit tenggorokan. Namun, manfaat obat-obatan tersebut minimal. Beberapa obat pilek termasuk:

  • Penghilang rasa sakit, seperti acetaminophenibuprofen, dan naproxen, untuk meringankan rasa nyeri dan sakit dari pilek dan sakit tenggorokan. (Aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak karena ada kaitan dengan sindrom Reye, yaitu gangguan yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan kematian.)
  • Semprotan atau lozenges sakit tenggorokan, untuk melegakan tenggorokan dan membuat agar rasa nyeri sakit tenggorokan tidak terasa selama  beberapa waktu. (Lozenge tidak boleh diberikan kepada anak kecil)
  • Semprotan hidung dekongestan untuk meringankan sakit tenggorokan disebabkan oleh postnasal drip, yaitu akumulasi lendir di belakang hidung dan tenggorokan menjurus pada atau memberikan sensasi dari lendir yang menetes kebawah dari belakang hidung. Jangan lupa untuk berhenti menggunakan semprotan dekongestan hidung setelah tiga hari, atau Anda mungkin mengalami peningkatan kemampatan ketika Anda menghentikan obat ini.

Antibiotik tidak boleh digunakan untuk mengobati virus flu dan sakit tenggorokan. Antibiotik hanya efektif terhadap bakteri. Antibiotik tidak akan bekerja pada sakit tenggorokan dengan pilek yang disebabkan oleh virus.

Apakah Strep Throat Berbeda dari Sakit Tenggorokan Dengan Pilek?

Strep Throat disebabkan oleh infeksi bakteri streptococcus. Strep Throat menyebar karena ada kontak dengan air liur atau sekresi hidung orang yang terinfeksi. Meskipun strep throat lebih sering terjadi pada anak-anak usia 5 sampai 15 tahun, namun hal ini bisa juga terjadi pada orang dewasa. Untuk mendiagnosa strep throat, dokter Anda dapat melakukan pemeriksaan tes strep cepat atau mengirim sampel tenggorokan ke laboratorium untuk dibudidaya.

Apakah Strep Throat Lebih Serius Dibandingkan Sakit Tenggorokan Dengan Pilek?

Strep throat dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius, seperti demam rematik, yaitu penyakit yang dapat membahayakan katup jantung. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat. Dengan perawatan yang tepat, strep throat biasanya sembuh dalam waktu 10 hari.

Apakah Gejala Strep Throat Berbeda Dari Sakit Tenggorokan Dengan Pilek?

Gejala strep throat biasanya lebih parah dibandingkan gejala sakit tenggorokan dengan pilek, dan mungkin termasuk gejala berikut:

  • Sakit tenggorokan mendadak
  • Kehilangan nafsu makan
  • Nyeri sewaktu menelan
  • Amandel memerah dengan bintik-bintik putih
  • Demam

Apakah Saya Harus Periksa Ke Dokter Jika Mengira Terkena Strep Throat?

Gejala sakit tenggorokan dengan pilek dan gejala strep throat bisa sangat mirip. Jika Anda berpikir Anda mengalami gejala strep throat, sebaiknya datangi penyedia layanan kesehatan Anda. Dokter akan bertanya mengenai gejala-gejala Anda dan melakukan pemeriksaan fisik, dan Anda mungkin diberikan tes strep.

Apa Itu Tes Strep Untuk Sakit Tenggorokan?

Tes strep cepat digunakan untuk memeriksa infeksi bakteri streptococcus pada tenggorokan. Tes ini tidak menyakitkan dan hanya membutuhkan waktu yang sangat pendek. Ujung dari tongkat kapas digunakan untuk menyeka bagian belakang tenggorokan. Hasil seka tersebut kemudian diuji langsung. Jika tes strep positif, maka Anda terkena strep throat. Jika tes strep negatif, maka Anda mungkin tidak terkena strep throat. Namun, jika ada tanda-tanda yang kuat dari strep throat, dokter Anda dapat melakukan tes seka tenggorokan yang berbeda, dengan hasil sekanya dikirim ke laboratorium untuk melihat apakah bakteri strep dapat tumbuh (dibudidaya) dari sampel yang diperoleh. Budidaya tersebut memerlukan waktu beberapa hari untuk mengetahui hasilnya.

Apakah Pengobatan Untuk Strep Throat?

Strep throat diobati dengan menggunakan antibiotik yang membunuh bakteri penyebab infeksi. Antibiotik sering diberikan dengan pil atau dengan suntikan. Penisilin dan amoksisilin adalah antibiotik yang umum digunakan untuk mengobati strep throat. Sedangkan antibiotik lain diresepkan untuk orang-orang yang alergi terhadap penisilin.

Ikuti petunjuk dokter Anda untuk penggunaan antibiotik. Habiskan semua obat antibiotik, walaupun jika Anda sudah merasa lebih baik. Anda seharusnya merasa lebih baik dalam waktu satu atau dua hari. Seseorang dengan strep throat harus tinggal di rumah sampai 24 jam setelah memulai antibiotik.

Bagaimana Jika Strep Throat Saya Tidak Membaik?

Jika strep throat Anda tidak membaik, segera beritahu dokter Anda. Jangan berhenti minum obat resep Anda, kecuali dokter Anda memberitahu Anda untuk berhenti minum obat tersebut. Hubungi dokter jika terjadi gejala-gejala berikut:

  • Satu atau dua hari demam setelah merasa lebih baik
  • Mual atau muntah
  • Sakit telinga
  • Sakit kepala
  • Ruam kulit
  • Batuk
  • Pembengkakan kelenjar
  • Nyeri sendi
  • Sesak napas
  • Urin berwarna gelap, ruam, atau nyeri dada (bisa terjadi tiga sampai empat minggu kemudian)

Bagaimana Tonsilitis Berbeda Dari Sakit Tenggorokan Dengan Pilek?

Kadang-kadang sakit tenggorokan disebabkan oleh tonsilitis, yaitu peradangan amandel. Tonsilitis dapat disebabkan oleh virus atau bakteri. Walaupun tugas dari amandel adalah untuk membantu melawan infeksi, namun amandel juga bisa terinfeksi. Ketika tonsil terinfeksi, hasilnya adalah tonsilitis dan sakit tenggorokan yang sangat menyakitkan.

Bagaimana Gejala Tonsilitis Berbeda Dari Gejala Sakit Tenggorokan Dengan Pilek?

Selain sakit tenggorokan, pilek biasanya menyebabkan gejala hidung, seperti hidung berlendir atau kemampatan. Pada tonsilitis, amandel Anda menjadi bengkak dan mungkin memiliki tanda bintik-bintik putih atau kuning. Gejala lain pada tonsilitis meliputi:

  • Napas bau
  • Demam
  • Suara berubah karena pembengkakan
  • Nyeri sewaktu menelan
  • Pembengkakan kelenjar limfa di leher

Bagaimana Mengobati Sakit Tenggorokan Dari Tonsilitis?

Jika infeksi tonsilitis karena bakteri, seperti strep throat, maka diberikan obat antibiotik. Jika infeksi tonsilitis karena virus, maka penggunaan antibiotik tidak akan membantu. Virus harus dibiarkan hingga “sembuh sendiri”. Untuk kedua jenis infeksi tenggorokan tersebut, langkah-langkah perawatan berikut mungkin dapat membantu:

  • Mendapatkan banyak istirahat
  • Minum banyak cairan
  • Menyantap makanan halus, dan melegakan seperti gelatin, es krim, shakes, makanan penutup beku, dan sup
  • Menghindari makanan renyah atau pedas
  • Menggunakan vaporizer
  • Minum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di apotik seperti acetaminophen, naproxen, atau ibuprofen. Anak-anak sebaiknya tidak mengkonsumsi aspirin.

Jika infeksi tonsilitis terjadi berulang kali, atau jika amandel mengganggu tidur dan pernapasan, dokter Anda mungkin menyarankan tonsilektomi, yaitu operasi pengangkatan amandel.

Sumber: WebMD

88 Komentar untuk “Jenis Sakit Tenggorokan dan Pengobatannya”

    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Anda jangan sembarangan konsumsi obat selama sedang hamil. Karena itu kami sarankan sebaiknya periksakan ke dokter umum atau dokter spesialis kandungan dulu untuk dievaluasi sakit tenggorokannya karena apa dan mendapatkan obat yang sesuai kebutuhan Anda dan tidak membahayakan kehamilannya.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  1. Linda

    saya sdh 6 bulan ini merasakan sakit pada tenggorokan,sering terasa panas di tenggorokan,dan seperti ada seonggok kecil lendir kental menyumbat di tenggorokan,kadang lendirnya terasa bergerigi,suara saya pun tidak lagi jernih seperti biasa ,sdh pergi berulang-ulang ke dokter,diendoskopi,dokter bilang saya mengalami radang tenggorokan,amandel saya membengkak,lalu kata dokter ada jamur di tenggorokan ,lalu ada benjolan sebesar beras. Apakah tanpa pemeriksaan laboratorium,dokter bisa memastikan bahwa memang ada jamur?
    Sebenarnya saya ini mengidap sakit tenggorokan jenis apa? Yang dimaksud dokter sbg benjolan itu apa?Atau memang jenis penyakit yang saya derita ini sulit sembuhnya atau harus lama baru bisa sembuh? kalau saya ke dokter lagi,sebaiknya langkah penyembuhan apa yang harus dokter lakukan selain memberi resep obat.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, memang ada tanda radang tenggorokan menahun sehingga harus dicari pemicu/penyebabnya.
      Infeksi jamur memang bisa diduga dari hasil pemantauan oleh pakar. Kalau mau lebih pasti, memang harus dilakukan pemeriksaan laboratorium, bahkan pembiakan jamur.
      Maaf karena kami tidak melihat secara langsung, maka kami tak bisa memastikan benjolan itu apa. Namun sangat mungkin adalah pembengkakan jaringan tenggorokan akibat radang menahun tadi.
      Kalau sudah dipastikan penyebabnya, maka dengan penanganan yang akurat seharusnya kelainan dapat disembuhkan. Saran kami sebaiknya segera periksa ulang ke dokter spesialis THT nya dan jangan putus asa.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  2. desi rusnita

    Selamat siang dok…saya mau tanya sedikit,sudah beberapa bulan ini saya mengalami sedikit gangguan ϑî bagian tenggorokan saya..saya merasa seperti ada ƔάϞƍ mengganjal ϑî tenggorokan saya,seperti ada sesuatu ƔάϞƍ nempel atau menghambat ketika saya menelan sesuatu,saya belom pernah periksa ke dokter mengenai hal ini,karena saya tidak merasakan sakit d tenggorokan saya,cm sewaktu2 tenggorokan terasa kering dan radang kalau,ƔάϞƍ ingin saya tanyakan kira2 apa yg mengganjal d dlm rongga tenggorokan saya itu..berbahaya atau tidak dok,terima kasih atas infonya dok…

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, mungkin ada pembesaran organ di tenggorok, misalnya amandel dan sebagainya.
      Tanpa melakukan pemeriksaan langsung, sulit bagi kami untuk memastikan penyebabnya apa. Karena itu kami sarankan segera periksa ke dokter spesialis THT untuk evalauasi.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  3. putra

    Siang dokita
    Disini saya ingin bertanya apa penyebab rasa seperti ada makanan yang kesangkut di tenggorokan serta klo baru bangun tidur gitu seakan tenggorokan terasa penuh… saya pikir ada lendir tapi sewaktu saya berdehem dengan keras dan tak ada apa-apa???…
    Mohon bantuannya

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin ada pembesaran kelenjar atau jaringan di tenggorokan. Untuk kepastian, kami sarankan segera periksa ke dokter spesialis THT untuk evaluasi dan kalau perlu dilakukan proses teropong tenggorokan (laringoskopi).

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.

      Reply
  4. aditya

    Dok, aku mau tanya? Sudah hampir 1 tahun lebih pilek aku tidakk sembuh2, pileknya tu kadang wrna kuning,trus putih sperti air liur? Itu gimana cara mengobatinya ?

    Reply
    • CS Dokita

      Dear Aditya, Kalau sudah lama tidak sembuh, perlu cermati ada penyakit kronis. Kami sarankan Rofoto (Rontgen foto) paru dan sinus serta konsultasi dengan dokter untuk evaluasi. Salam Sehat Selalu. Team Dokita. Kunjungi dan dapatkan artikel kesehatan yang baik dan akurat melalui http://www.dokita.co/blog

      Reply
  5. widi

    Dokter sy mau tanya,sekitar 1 bulan ini tenggorokan saya terasa dingin sekali dan terasa berdahak terus.Kalo sy paksakan keluar, memang keluar dahak berwarna putih.Kira2 ini gejala sakit apa dok?tidak ada keluhan lain selain yang saya sampaikan diatas.Mohon jawabsnnya.Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Selamat Pagi,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin ada radang tenggorokan akibat alergi sehingga banyak keluar riak. Kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis THT untuk evaluasi dan mendapatkan tindakan penanganan yang tepat.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  6. Waji

    Selamat malam dok, saya mau tanya. Saya sakit tenggorokan setelah makan makanan pedas, apa obatnya dok dan termasuk penyakit tenggorokan yg mana kalau dihubungkan sm artijel dokter diatas?

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Tanpa pemeriksaan langsung, sulit bagi kami untuk menentukan jenis penyakit tenggorokan Anda. Kalau disertai demam, mungkin ada infeksi bakteri, kalau hanya nyeri mungkin ada luka iritasi akibat konsumsi yang terlalu pedas.
      Untuk kepastian, sebaiknya periksa ke dokter untuk dievaluasi langsung agar dapat diberikan pengobatan yang akurat.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  7. alfi

    selamat pagi dok

    beberapa waktu yang lalu saya mengalami radang tenggorokan tapi saat ini saya merasa setiap kali berbicara saya merasa lemas, saya raba leher ada benjolan, leher juga terasa panas.
    bahkan kadang2 saya agak sulit bernafas terutama malam hari dan sangat menyiksa sehingga sulit tidur, rasanya ada yang menyumbat di hidung dan paru2 terasa penuh.
    saya sangat khawatir dok penyakit apakah yang saya derita?
    Obat yang pernah saya konsumsi selama ini:
    – Ciprofloxacin
    – Lanadexon
    – Dexolut
    – Paracetamol

    Terima kasih dok.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, perlu dicermati kondisi benjolan di leher serta bersumber dari mana benjolan tersebut, misal apakah hanya pembesaran kelenjar getah bening akibat radang atau ada penyebab lain. Kalau ada rasa tersumbat di tenggorokan, perlu dipastikan apakah ada pembesaran amandel, pembesaran kelenjar di tenggorok, atau gangguan di saluran nafas dan paru (asthma).
      Saran kami sebaiknya segera berobat ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) paru dan cek laboratorium, dan rujuk ke dokter spesialis THT.

      Untuk mempermudah tanya jawab seputar masalah kesehatan, sebaiknya bertanya menggunakan aplikasi Android Dokita yang dapat di download di:
      https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  8. rizky pratama

    Saya mau bertanya dok. Apabila saya makan yang berminyak dan pedas-pedas pasti di bagian gondok saya membengkak, dan apabila di raba menggunakan tangan akan seperti ada segumpal bola pingpong. Tapi saat udah 2 hari langsung hilang kembali jendolan dan rasa sakitnya. Kira-kira itu penyakit apa ya dok ? Soalnya udah 3 tahun saya sering mengalaminya dan saya belum pernah memeriksa ke rumah sakit.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Maaf, tanpa pemeriksaan langsung pasien, sulit bagi kami memastikan kelainan yang Anda alami. Dari data yang disampaikan, benjolan tersebut mungkin bukan berasal dari kelenjar gondok (tiroid), tetapi akibat pembesaran di kelenjar getah bening yang dipicu radang.
      Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu USG benjolan tersebut.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  9. putri

    Selamat sore..
    Saya mau tanya dok.. Baru2 ini saya merasakan sakit pada tenggorokan dan telinga saya. Dan setelah itu disertai batuk pilek dan hidung berlendir. Apakah itu hanya flu biasa atau karna apa ya dok? Dan apa obatnya. Trimakasih.

    Reply
    • admin

      Selamat Pagi,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin Anda mengalami radang saluran pernafasan / ISPA. Kami sarankan sebaiknya segera berobat ke dokter terdekat untuk evaluasi dan mendapatkan penanganan yang tepat agar sakitnya tidak berkepanjangan.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  10. stefan

    dok. saya mau bertanya. saya udah mengalami sakit radang tenggorokan hampir setahun. sepertinya sih faringitis kronis dok. seperti ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan saya, yg menyebabkan suara sayaa seperti tertahan/terpendam, bikin sulit berkomunikasi wktu ngerasain lagi padet2nya. aneh banget suara saya jadinya. kecil dan kadang enggak jelas intonasinya. tapi sesekali saya merasakan plong (tanpa terasa ada yg mengganjal) dan itu terasa banget perbedaanya. itu apa sebabnya ya dok? apa ya obatnya? aku sudah ke banyak dokter dan belum ada hasil yang terbaik. endoskopi hingga rontgen sudah saya lakukan. terus gimana ya cara kerjanya test strep itu? makasih dok.

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, harus dicari pemicu/penyebab radang tenggorok berulang, misal apakah akibat gaya hidup seperti perokok, pekerjaan (harus sering bersuara misalnya guru), alergi, tumor, dan sebagainya. Suara serak sampai hilang ada kaitan dengan radang/pembengkakan di pita suara sebagai dampak dari radang tenggorok tersebut.
      Agar penyakit tak berulang dan teratasi dengan tuntas, kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis THT ulang untuk evaluasi dan mendapatkan advis yang tepat.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  11. wili

    Malam Dokter.
    saya mengalami gangguan di tengorokan, kira kira sudah 3 hari.
    menelan makanan atau minuman tidak bermasalah.
    tetapi ketika saya tiduran, maka tengorokan terasa ada yang menganjal dan nafas terasa sesak.
    pertanyaan nya adalah.
    sakit apakah saya ?
    harus minum obat apa ?
    terima kasih dokter.

    Reply
    • admin

      Selamat Pagi,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, perlu dicermati apakah ada sesuatu yang membengkak di tenggorokan, antara lain: amandel/tonsil atau kelenjar lain. Pengobatan yang akurat bisa berbeda tergantung dari penyebabnya. Maaf, kami tidak bisa memberikan rekomendasi obat tanpa pemeriksaan langsung pasien. Untuk kepastian, kami sarankan sebagainya segera periksa ke dokter spesialis THT untuk evaluasi dan mendapatkan penanganan yang akurat.

      Perlu diketahui, Dokita adalah media untuk sharing informasi kesehatan, dan bukan sarana berobat, karena narasumber tidak melihat dan memeriksa langsung penderita sehingga dilarang memberi pengobatan langsung. Saran rujukan adalah salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah secara akurat dan penuh tanggung jawab.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  12. afni

    Pagi..
    bagai mana yaa, klo tenggorokan saya terasa ada yg mengumpal dbagian belakang nya. Rasa itu hilang” timbul pd tenggorokan saya, sring muncul setelah selrsai makan dan mau tidur. Kalau saya sendawa rasa nya hilang dan beberapa jam kemudian terasa lg,yg membuat saya untuk bernafas susah dan nafsu makan saya jadi berkurang, kondisi tubuh saya sering lelah tp tdk ada gejala demam dan tidak ada bau pada nafas saya .
    Itu gejala penyakit pa ya mom atau termasuk yg diatas tadi dan bagai mana cara pengobatan nya mom bg saya yg gax suka minum obat.
    makasih

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Rasa mengganjal tersebut mungkin bisa karena ada riak yang tertahan di tenggorokan atau bisa juga karena masalah di lambung Anda yang dikenal dengan sakit GERD (), dimana cairan asam lambung yang seharusnya tidak bisa balik ke tenggorokan jadi balik kembali karena adanya masalah di katup/mulut lambung yang dari tenggorokan, sehingga menimbulkan kondisi di tengggorokan terasa ada yang mengganjal. Atau mungkin ada pembengkakan di tenggorokan, misalnya amandel, pembesaraan kelenjar dan sebagainya. Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  13. nesya

    dok.. saya radang tenggorokan karena bakteri,jadi obatnya adalah antibiotik. Antibiotik apa yang paling aman dan bagus? terimakasih

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Pemberian antibiotik tidak boleh sembarangan karena selain bisa menjadi kebal bila minumnya tidak teratur, juga bisa timbul alergi. Karena itu, tanpa melihat sendiri kondisi Anda, kami tidak berani memberi saran minum antibiotik apa. Kami sarankan segera berobat ke dokter yang terdekat untuk evaluasi dan mendapatkan pengobatan yang akurat. Jangan minum obat antibiotik sendiri tanpa petunjuk dokter!

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  14. ADE SRI

    sudah 3 hari ini tenggorokan saya sakit, awalnya tidak disertai sakit pada telinga, setelah 2 hari rasa sakit di telinga terasa, terlebih lagi saat menelan makanan sakitnya itu benar2 sakit, dan disertai sakit kepala dan demam. obat apa ya dok yang harus saya minum untuk menghilangkan rasa sakit ini,
    terima kasih.

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, perlu dicermati ada radang/infeksi tenggorok dengan komplikasi radang telinga. Kami sarankan segera periksa ke dokter spesialis THT untuk evaluasi dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  15. desy

    Dok sy udh hampr 2 bln mengalami skt tengorokan trs di dlm mulut terasa panas smpi ke telinga,trs sy mau tdr terasa berdenyut di tengorokan skt banget dok,cma yg heran nya di saat sy menelan sy tdk ada terasa skt apa2,pas di chek dlm mulut sy terasa merah semua,kira2 itu gejala skt apa ya dok,mhn solusi nya mksh

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, tanda ada radang di tenggorok sehingga perlu dicari pemicu, misal apakah akibat alergi, iritasi makanan/minuman tertentu, radang/infeksi atau tanda awal keganasan. Untuk kepasatian, kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis THT untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan pemeriksaan laboratorium.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  16. brilly

    Makasii banyaak dok, web nya sangat bermanfaat n membantu. Insyallh Diberikan banyak pahala dok, kalo niatnya pahala…

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Senang rasanya artikel Dokita dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  17. Nia

    Pagi Dok…
    Dok jika kondisi badan saya drop, tenggorokan saya sakit menelan, telinga saya terasa nyeri hingga merasa kurang baik pendengaran,disetai otot-otot sekitar leher saya terasa tertarik, suhu badan meninggi, terasa mual, dan belakangan ini muncul benjolan di leher kanan di bawah telinga, dan kiri. Apa yg saya lakukan agar kondisi badan saya sehat kembali dan cara pencegahan nya dok?…mohon solusi nya dok…Terimakasih

    Reply
    • admin

      Selamat siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, perlu dicermati adanya radang/infeksi. Agar kondisi cepat pulih, maka sumber masalah/infeksi harus segera diatasi melalui konsultasi dokter untuk mendapatkan obat/antibiotik yang tepat.
      Untuk menjaga / meningkatakn kondisi kesehatan jangka panjang, perlu mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat (makan makanan bergizi dan seimbang, istirahat cukup dan rajin berolaharaga).

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  18. wiwik

    Dok, sudah hampir 3 minggu telinga lanan saya seperti ada cairan, tetapi setelah dilihat gendang telinga tidak bengkak, kemudian leher juga terasa sesak, gusi/gigi berasa nyeri, pipi cenderung kiri juga nyeri, badan terasa lemaas..mohon solusinya dok?nuhun

    Reply
    • admin

      Selamat malam,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Apakah Anda sudah periksakan diri Anda ke dokter spesialis THT sehingga Anda bisa memastikan tidak ada masalah dengan gendang telinganya? Jika belum, kami sarankan segera periksakan dulu ke dokter spesialis THT karena perlu dilihat kondisi liang telinganya, apakah kering atau ada cairan. Bila ada, tentu perlu pengobatan yang tepat. Bila perlu, jika daerah pipi juga nyeri, maka kami sarankan lakukan foto rontgen sinus paranasal untuk memastikan ada tidaknya sinusitis yang bisa menyebabkan kondisi badan tidak nyaman dan pusing.
      Coba baca artikel Dokita tentang Sinusitis di: http://dokita.co/blog/apakah-sinusitis/

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  19. yogi

    Dok, saya sudah menderita radang tenggorokan cukup lama (hampir setahun).
    Pernah ke beberapa kali konsultasi ke dokter THT dan dikasih antibiotik, namun tidak sembuh2 juga.
    Kalau menelan makanan sih tidak sakit, namun kalau menelan ludah rasanya ada yang mengganjal.
    Badan saya juga pada pegel2 dan sakit.
    Terakhir saya tes hapus tenggorok kultur, hasilnya sebagai berikut :
    Epitel : 3
    Leukosit : 1
    Coccus Gram Positif : 3
    Jamur : 0
    Jenis bakteri : Alfa Hemolysa Streptococcus.

    Saat ini saya dikasih antibiotik sama dokter Syflox 500 selama 2 minggu.
    Sebelumnya pernah dikasih juga yg sama namun cuma 5 hari. Kata dokternya dia agak takut kasih antibiotik yg lebih kuat, karena lambung saya kurang bagus.
    Pertanyaan saya, apakah bakteri ini tidak bisa disembuhkan?
    Bagaimana saran dokter agar saya bisa sembuh dari penyakit saya? terus terang ini sudah sangat menggangu fisik dan psikologi saya.
    Saya tunggu balasan dari dokter. terima kasih sebelumnya.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, kalau telah dilakukan kultur, biasanya sekaligus ada tes kekebalan obat sehingga seharusnya telah diketahui antibiotik yang paling cocok. Kami sarankan segera periksa ke dokter ulang untuk evaluasi dan memastikan antibiotik yang akurat.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  20. yogi

    Dear Dokter,

    Dok, saya mengalami sakit tenggorok telah lama(kurang lebih setahun).
    Rasanya ada yang mengganjal ditenggorokan apabila menelan ludah, kalau menelan makanan tidak sakit.
    Badan juga terasa pegal2 dan lemas
    Pernah beberapa kali ke Dokter THT dan dikasih antibiotik dan obat kumur, namun belum sembuh juga.

    Terakhir saya ke dokter dites hapus kultur tenggorok, hasilnya sbb:
    Epitel : 3
    Leukosit : 1
    Coccus Gram Positif : 3
    Jamur : 0
    Jenis Bakteri/Jamur : Alfa Hemolysa Strepcoccus

    Di dokter terakhir ini, saya dikasih antibiotik Syflox 500 sebanyak 12butir, namun tak sembuh.
    Saat ini dikasih kembali Antibiotik yang sama sebanyak 24butir.
    Dokter itu juga memperhatikan lambung saya apabila dikasih antibiotik yang agak kuat

    Pertanyaan saya, apakah bakteri ini memang sulit disembuhkan?
    Apakah bakteri ini juga bisa menular melalui alat makan?
    Obat apa yang harusnya bisa membunuh bakteri tersebut? karena sakit ini sudah menggangu fisik dan psikis saya.

    Terima kasih, saya tunggu reply dari dokter.

    Salam.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, kalau telah dilakukan kultur, biasanya sekaligus ada tes kekebalan obat sehingga seharusnya telah diketahui antibiotik yang paling cocok. Kami sarankan segera periksa ke dokter ulang untuk evaluasi dan memastikan antibiotik yang akurat.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  21. yogi

    Dear Dokter,

    Dok, saya mengalami sakit tenggorok telah lama(kurang lebih setahun).
    Rasanya ada yang mengganjal ditenggorokan apabila menelan ludah, kalau menelan makanan tidak sakit.
    Badan juga terasa pegal2 dan lemas
    Pernah beberapa kali ke Dokter THT dan dikasih antibiotik, namun belum sembuh juga.

    Terakhir saya ke dokter dites hapus kultur tenggorok, hasilnya sbb:
    Epitel : 3
    Leukosit : 1
    Coccus Gram Positif : 3
    Jamur : 0
    Jenis Bakteri/Jamur : Alfa Hemolysa Strepcoccus

    Sebelumnya saya dikasih antibiotik Syflox 500 sebanyak 12butir, namun tak sembuh.
    Saat ini dikasih juga Antibiotik yang sama sebanyak 24butir.
    Dokter itu juga memperhatikan lambung saya apabila dikasih antibiotik yang agak kuat

    Pertanyaan saya, apakah bakteri ini memang sulit disembuhkan?
    Obat apa yang harusnya bisa membunuh bakteri tersebut? karena sakit ini sudah menggangu fisik dan psikis saya.

    Terima kasih, saya tunggu reply dari dokter.

    Salam.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, kalau telah dilakukan kultur, biasanya sekaligus ada tes kekebalan obat sehingga seharusnya telah diketahui antibiotik yang paling cocok. Kami sarankan segera periksa ke dokter ulang untuk evaluasi dan memastikan antibiotik yang akurat.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  22. desy

    Mlm dok,mau nanya nih smpi skrg tengorokan sy msh terasa nyeri di saat mau tdr mlm,lidah sy terasa ada bintik2 merah,sy udh ke tht tp dokter tht blng gpp krn itu ada pengaruh dr asam lambung,jjr sy mmg ada skt asam lambung dok udh mau 10 sy skt asam lambung,tp skrg udh agak kurang skt asam lambung nya,yg buat sy skt skrg dlm mulut sy di atas langit2 terasa pns dn tenggorokan sy kyk berdenyut gtu dok,ini kira2 klo menurut dokter sy skt apa,ohya satu lg dok klo mulut sy terasa pns lari nya smpi ke hidung jg dok terasa kebas,mhn info nya dok sblm dn sesudah nya mksh dok :)

    Reply
  23. desy

    Mlm dok,mau nanya nih smpi skrg tengorokan sy msh terasa nyeri di saat mau tdr mlm,lidah sy terasa ada bintik2 merah,sy udh ke tht tp dokter tht blng gpp krn itu ada pengaruh dr asam lambung,jjr sy mmg ada skt asam lambung dok udh mau 10 sy skt asam lambung,tp skrg udh agak kurang skt asam lambung nya,yg buat sy skt skrg dlm mulut sy di atas langit2 terasa pns dn tenggorokan sy kyk berdenyut gtu dok,ini kira2 klo menurut dokter sy skt apa,ohya satu lg dok klo mulut sy terasa pns lari nya smpi ke hidung jg dok terasa kebas,mhn info nya dok sblm dn sesudah nya mksh dok :),ohya dok satu lg lidah sy ada benjolan kcl seperti papilla apa itu gpp ya dok.

    Reply
  24. lies

    Pagi dok. Sudah 3 hari Saya mengalami sakit tenggorokan sebelah kiri dan terasa ada benjolan dibawah rahang dekat telinga, gusi juga membengkak sebelah kiri saja, lalu sekarang juga migrain dikepala sebelah kiri. Gejala seperti ini sebaiknya gimana ya dok?

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, tanda ada infeksi sehingga mungkin perlu diberikan antibiotik, yang tentunya perlu periksa ke dokter dulu agar mendapatkan obat yang tepat dan penggunaannya dibawah pengawasan dokter. Kami sarankan periksa ke dokter spesialis THT untuk evaluasi.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  25. nata

    Saya penderita tonsilitis sejak lama.. terakhir saya periksa ke dokter, dokter menyarankan utk tonsilektomi. Jika saya tdk melakukan pengankatan amandel apakah akan berbahaya? Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Selamat Pagi,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Tindakan yang paling tepat untuk Anda tentu sangat tergantung kondisi amandelnya, sehingga perlu pemeriksaan langsung oleh pakar. Kalau sudah periksa ke dokter spesialis THT dan disarankan tonsilektomi, maka tindakan tersebut adalah yang terbaik untuk Anda.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  26. abi

    slamat siang dok, saya mau tanya anak saya usia 5 tahun dok, beberapa hari yg lalu pernah makan permen dan ketelan berhenti di tenggorokan setelah saya suruh minum lambat laun isa turun masuk keperut, setelah selang beberapa hari dia sakit flu batuk, setelah saya minumi obat flunya sudah sembuh tapi batuknya kadang2 masih, karena anak2 jadi gak isa ngeluarin (lendirnya) dari batuk maaf, minggu2 ini dia sakit panas sakit kepala, setelah saya minumi obat panasnya sudah turun akan tetapi tenggorokannya sekarang buat menelan terasa sakit, mohon bantuan solusi untuk obat anak saya dok terimakasih

    Reply
    • admin

      Selamat Pagi,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, tanda telah terjadi radang/infeksi di tenggorok sehingga perlu diberi obat khusus, termasuk antibiotik. Kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis anak untuk evaluasi.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  27. rizqi nindhiani

    selamat pagi..
    mau tanya, jika ketika sakit tenggorokan disertai rasa panas juga pada pangkal hidung bagian dalam dan demam kira2 sakit tenggorokan yg jenis apa ya? sudah berhari2 sakit tenggorokannya, sampai2 susah tidur dan dipakai menelan sakit di kedua sisi tenggorokan.lalu obatnya apa?
    trima kasih

    Reply
    • admin

      Selamat Pagi,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Maaf, tanpa pemeriksaan langsung pasien, sulit bagi kami menentukan jenis kelainan yang Anda alami. Untuk memastikan radang di tenggorok saja atau apakah juga ada radang di amandel serta mendapatkan obat yang akurat, kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  28. Vivi Yunitasari

    Sore Dok,
    Saya sudah dari 3 hari yang lalu mengalami demam.. Awalnya saya hanya batuk2 saja.. Kategori batuk kering.. Namun lama kelamaan batuk itu terus mengganggu kerja saya sampai hari minggu malam saya mengalami panas yg ssangat tinggi.. Tenggorokan saya sakit sekali untuk menelan dan ulu hati dan tenggorokan saya terasa perih setiap saya batuk dan perut menjadi muan2 serasa ingin muntah.. Kalau boleh tahu kira-kira saya terkena radang atau apa ya dok? Saya sudah ke dokter tapi dokter mendiagnosa saya hanya radang biasa saja? Terima Kasih

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin ada radang tenggorok yang disertai gangguan di lambung, sehingga selain obat antibiotik, pain killer (pereda nyeri), perlu ditambah obat maag. Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis THT untuk evaluasi. Jangan minum obat antibiotik tanpa petunjuk dokter.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  29. billy

    May siang dok,sy mau tanya udh mau 2 bln lbh lidah sy terasa pns,tengorokan berdenyut,trs di lidah ada dua benjolan kcl dn bintik2 mrh,klo blh thu itu gejala apa dok,tp klo utk menelan tdk terasa skt,dn sy ada riwayat skt asam lambung dok,kira2 klo blh thu penyakit sy itu gejala apa dn berbahaya tdk,sy udh ke tht dia blng gpp.mksh dok

    Reply
  30. desi hilma

    Mat siang dok,sy mau tanya udh mau 2 bln lbh lidah sy terasa pns,tengorokan berdenyut,trs di lidah ada dua benjolan kcl dn bintik2 mrh,klo blh thu itu gejala apa dok,tp klo utk menelan tdk terasa skt,dn sy ada riwayat skt asam lambung dok,kira2 klo blh thu penyakit sy itu gejala apa dn berbahaya tdk,sy udh ke tht dia blng gpp.mksh dok

    Reply
  31. desi hilma

    Dok sy mau nanya nih,udh mau 2 bln lebih lidah sy kok ada bintik2 mrh sm ada dua benjolan kcl kiri dn kanan di atas lidah,trs tengorokan sy suka berdenyut dok,emg skt apa sih dok,sy udh ketemu tht dia blng gpp krn pengaruhh dri riwayat asam lambung sy dok,sy mau tanya apa skt sy nih berbahaya dok trs smpi ke bwh leher skt nya kyk tegang3 gtu dok,mksh dok sblm nya

    Reply
  32. Theresia

    Beberapa minggu lalu saya menderita sakit batuk tetapi sudah sembuh, tepatnya baru saja sembuh. Tetapi kemudian disusul lagi dengan seminggu ini tenggorokan saya terasa sangat sakit, kadang-kadang rasa agak gatal atau sesuatu yang menusuk di tenggorokan, sakitnysa sampai terasa di telinga Saya mencoba minum antibiotik tetapi tidak ada perubahan. Setelah membaca penjelasan dokter saya menduga strep throat atau tonsilitis, tetapi saya tidak demam atau panas. Mohon penjelasan. Terima kasih.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, memang perlu cermati ada radang/infeksi di tonsil atau tenggorok, yang disebabkan oleh kuman sehingga perlu antibiotik khusus, yang tentunya perlu resep dokter. Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis THT untuk evaluasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  33. anggi

    dok saya sakit tenggorokan sudah satu minggu lebih,rasanya ada yang mengganjal di tenggorokan saya tapi tidak sakit,hanya terasa mengganjal saja,sudah saya priksakan ke dokter dan diberi obat tapi belum sembuh juga,tapi dulu saya juga pernah sakit tenggorokan seperti itu dan saat malamnya diberi obat dokter,paginya sudah sembuh,tapi kok sekarang tidak ya?kira-kira penyakit saya berbahaya nggak ya dok?

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, tanda mungkin ada peradangan dan pembesaran kelenjar di tenggorok, termasuk amandel. Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan mendapatkan tindakan penanganan yang tepat.

      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  34. lidiya wati

    Siang dok
    Saya mau tanya dok
    Saya sudah 3 taun lbh sya kena amandel dok
    Dh sering di obatin ssecara alami tp lum sembuh
    Dn akhir2 nh
    Di tenggorokan saya tumbuh benjolan merah di obatin benjolan,a tmbh besar dn banyak
    Ga sakit tp seperti ada ynk mengganjal , sy sering bersin
    Dn demam
    Bdn sering ngilu sakit di saat kecapean
    Suara jd ngosom
    Tidur suka ngedengkur
    Telinga kdg sakit
    Dn sll gatal
    Apakah itu bisa berbahaya ga dok ???
    Trimakasih …..

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin telah terjadi juga pembesaran kelenjar dan peradangan organ sekitar sehingga dapat berdampak buruk. Kami sarankan segera periksa ke dokter spesialis THT untuk evaluasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  35. sandri

    pagi dok.
    saya mau tanya, saya sudah 2 tahun lebih mengalami sakit ditenggorokan, efeknya sampai saat ini saya sering mengalami tenggorokan terasa kering, batuk-batuk, terus muntah-muntah.
    tolong dok minta solusinya dan cara pengobatannya gimana.

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, tanda ada radang kronis, sehingga harus dicari pemicunya, antara lain alergen tertentu atau infeksi oleh kuman yang tidak teratasi dengan akurat. Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis THT untuk evaluasi dan kalau perlu tes alergen dan tes biakan kuman dan resistensi obat.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  36. febi indah sari

    selamat malam dok
    apa si obat untuk menyembuhkan penyakit tenggorokan.
    ayah saya sakit tenggorokan ketila menelan makanan terasa sakit sekali bagaiman solusinya dok

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, perlu cermati ada luka, radang atau infeksi organ tenggorokan sehingga mungkin perlu obat antibiotik dan lain-lain, yang tentunya perlu resep dokter dan dibawah pengawasan dokter. Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu rujuk dokter spesialis THT.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  37. Putra Kitty,36thn

    Malam dok
    Saya setiap bulan pasti terkena sakit tenggorokan dua hingga tiga kali sampai menelan makan dan minuman selalu merasa perih.padahal saya sudah perbanyak minum air putih.apakah air mineral dan penyedap rasa makanan dapat menyebabkan sakit tenggorokan?terima kasih sebelumnya

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab radang tenggorokan bervariasi, misal karena infeksi bakteri, trauma tertusuk duri, terkena iritasi atau pola hidup, pola makan yang kurang baik, atau daya tahan tubuh yang menurun.
      Usahakan agar pola hidup Anda sehat (makan makanan bergizi seimbang dan cukup, istirahat cukup dan olahraga teratur) untuk meningkatkan stamina dan daya tahan agar radang tidak sering kambuh
      Coba saja hindari makanan gorengan dan pedas, serta perbanyak makanan sayur dan buah sebagai sumber makanan yang kaya vitamin C agar daya tahan tubuh Anda lebih bagus lagi.
      Pada beberapa orang yang allergi bumbu penyedap, tentu bisa membuat nyeri menelan. Sedangkan kalau air, tentu saja tidak membuat sakit menelan.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  38. aldi

    Salam hangat dokter… saya aldi. Sudah 2 hari ini temggorokan sblh kanan saya sakit u/ menelan. Gusi di grraham belalakang bengkak. bibir pecah2 dan sariawan. Sebelum sakit tenggorokan saya sempat panas semalm. Setelah panas tersebut baru kumudian gjala2 tsb muncul. Mohon solusinya dokter.

    Reply
    • admin

      Selamat Malam,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Adanya gusi yang bengkak, sariawan di rongga mulut bisa menimbulkan pembesaran kelenjar getah bening di bawah dagu dan hal tersebut bisa menimbulkan rasa nyeri dileher saat Anda menelan.
      Coba saja kumur-kumur dulu menggunakan obat kumur yang banyak dijual di apotik. Biasanya dengan hilangnya sariawan dan kempesnya gusi yang bengkak, maka nyeri menelan akan hilang. Kalau tidak membaik, sebaiknya periksa ke dokter untuk evaluasi dan mendapatkan pengobatan yang akurat.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  39. doni

    selamat siang dok…
    saya mau tanya, kenapa akhir2 ini ada benjilan disebelah rahang kanan bawah jika ditekan kepala langsung pusing, dan sulit untuk menelan, keluar dahak serta terkadang panas dingin (demam tiba2)… itu gejala penyakit apa ya dok? dan bagaimana cara menyembuhkannya?

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, perlu dicermati sumber benjolan tersebut apakah kelenjar getah bening atau kelenjar liur atau yang lain, yang membengkak akibat radang/infeksi. Jika radang atau infeksi, mungkin perlu antibiotik dan anti radang, yang tentu perlu resep dokter dan penggunaannya dibawah petunjuk dokter. Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu cek laboratorium.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  40. evi lusi

    Pagi dok,,
    Saya mau bertanya, sudah 2 minggu tenggorokan saya sakit, sebelumnya saya pilek karena alergi dan sudah reda. Namun beberapa hari yang lalu tenggorokan sebelah kiri sakit dan ada yang mengganjal bahkan telinga saya terasa tertutup, ada letupan di telinga, dan berdengung. Setelah periksa dan diberi obat sakit berkurang tapi itu sementara karena sekarang tenggorokan kanan sakit.
    Apa yang harus saya lakukan agar sakit reda??

    Reply
    • admin

      Selamat Sore,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Sepertinya proses radang yang Anda alami belum tuntas. Saran kami, sebaiknya periksakan kembali ke dokter yang memeriksa Anda sebelumnya dan kalau perlu obat antibiotik bisa dipertimbangkan untuk diberikan lagi dengan golongan yang sama atau diganti golongan lain yang lebih kuat.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  41. nikki atmia

    Selamat siang dok
    Ibu saya sudah lama sakit tenggorokan gejalanya , batuk-batuk , demam, dada sesak,sakit kepala, dan tenggorokannya itu luka. Belum pernah di bawa kedokter karena kami kira ituu sakit biasa.
    Solusi yang tepat dari penyakit ibu saya itu apa ya dok dan apa itu berbahaya?
    terimakasih

    Reply
    • admin

      Selamat Siang,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, perlu dicermati ada radang/infeksi di tenggorokan dan saluran pernafasan termasuk TBC.
      Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter spesialis paru untuk evaluasi dan kalau perlu cek laboratorium, lakukan Rontgen foto paru dan rujuk ke dokter spesialis THT.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply
  42. joe

    Selamat sore dok… lngsung sja…. kurng lebih 5 hri yg lalu sya dmam tinggi, badan mnggigil, mmsuki hri k2 tmbul nyeri mnelan, nyerinya bukan nyeri biasa, nyerinya seperti terbakar/mlepuh pada dinding tnggorokan. Skarang dmam dan mnggigilnya sdh sembuh, tpi nyeri menelan ini nggak smbuh2… menelan air putih saja skitnya minta ampun…. trims atas tnggapan dan jawaban….

    Reply
    • admin

      Selamat Malam,

      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, perlu cermati ada luka atau radang di selaput lendir tenggorokan sebagai dampak dari infeksi sebelumnya.
      Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter spesialis THT untuk evaluasi dan tindakan.

      Salam Sehat Selalu,

      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store

      Reply

Komentar

  • (will not be published)

 

E-Klinik E-Klinik